MANFAAT JINTAN HITAM / HABBATUSSAUDAH UNTUK MENGOBATI 12 PENYAKIT

Manfaat Jintan Hitam sebagai bahan obat ini sebenarnya sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Jintan hitam atau Habbatussaudah adalah remp...




Manfaat Jintan Hitam sebagai bahan obat ini sebenarnya sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Jintan hitam atau Habbatussaudah adalah rempah-rempah (biji-bijian) yang biasa digunakan sebagai tanaman obat. Jintan Hitam ini berbentuk butiran biji berwarna hitam. Dilihat dari warna dan namanya, wajar jika rempah ini disebut hitam. Bentuknyapun menyerupai wijen, selain itu biji jintan ini juga mengandung banyak manfaat karena bisa dijadikan penawar.


Manfaat jintan hitam juga telah dilontarkan jauh-jauh hari oleh Rosulullah SAW dalam hadistnya “Pada biji hitam (Jintan Hitam) terkandung segala kesembuhan dari segala penyakit”. Hadist ini diriwayatkan oleh Abu Hurairah R.A. Di Mesir, biji-bijian ini dinamakan Habbah Barakah (biji yang memiliki berkah), kadang juga Kamun Aswad. Sedang di Yaman dinamai Qathan, sementara di Iran disebut Suwainiz, Naqna’ Al-Ghalan dan kadang disebut juga Basmah.

KANDUNGAN ZAT (GIZI) DALAM JINTAN HITAM


Kenapa Jintan Hitam begitu bermanfaat ? Tak lain manfaat Jintan Hitam karena mempunyai beberapa kandungan zat didalamnya. Kandungan-kandungan ini antara lain :
  • Zat besi 
  • Fosfor 
  • Karbohidrat 
  • Dan Minyak yang mengandung banyak khasiat (kadar minyak kira-kira 28%) 

Jintan Hitam juga mengandung antibiotika yang berguna untuk membasmi virus, kuman, dan bakteri. Terdapat pula karotena yang bisa berfungsi sebagai obat kanker ; hormon – hormon seks yang menguatkan, menyuburkan dan membuat semangat ; zat pendorong produksi air seni dan empedu ; serta enzim-enzim pencerna dan anti keasaman. Selain itu Jintan Hitam juga memiliki zat penenang dan penyemangat.

MANFAAT JINTAN HITAM UNTUK MENGOBATI 12 PENYAKIT 


Sebenarnarnya sangat banyak penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan Jintan Hitam, berikut ini 12 diantaranya :

JINTAN HITAM UNTUK OBAT DIARE

Ambil perasan air seledri, air yang dicampur dengan satu sendok besar air biji jintan hitam yang telah ditumbuk. Minum tiga kali sehari sampai diare berhenti. Pada hari kedua hentikan mengkonsumsinya sampai benar-benar tidak terjadi kesulitan buang air besar.

JINTAN HITAM MENGOBATI SUSAH BUANG AIR KECIL

Oleskan minyak jintan hitam pada area antara pangkal kemaluan hingga pusar sebelum tidur. Barengi dengan minum satu gelas jintan hitam yang direbus yang dicampur dengan madu. Lakukan ini sebelum tidur.

JINTAN HITAM SEBAGAI OBAT JERAWAT

Ambil bubuk jintan hitam, aduk dengan minyak wijen dan satu sendok tepung gandum lalu dibuat masker. Pada pagi harinya basuh dengan air hangat dan sabun. Ulangi selama 1 minggu. Sebaiknya diimbangi juga dengan minum minuman panas yang dicampur dengan bubuk Jintan Hitam

JINTAN HITAM MENGOBATI SEGALA JENIS PENYAKIT KULIT

Ambil minyak yang terbuat dari jintam hitam, minyak mawar dan tepung gandum. Kedua minyak tersebut ukurannya sama, tapi untuk gandum 2 kali lipat. Kemudian campur rata sampai menjadi adonan. Sebelum diobati, bersihkan dahulu bagian yang sakit dengan kapas yang dibasahi alkohol kadar rendah, jemurlah dibawah sinar matahari, kemudian olesi dengan adonan itu setiap hari. Hindari hal hal yang menyebabkan alergi seperti, ikan, telor, dan sejenisnya.

JINTAM HITAM UNTUK OBAT SAKIT KEPALA

Ambil tepung jintan hitam, cengkah yang dihaluskan separuh, separuh adas manis lalu diaduk bersama-sama. Ambil satu sendok dari larutan itu dan campurkan kedalam Yogurt. Selain itu urut bagian nyeri dengan jintan hitam.

JINTAN HITAM MENGHANCURKAN DAN MELARUTKAN BATU

Ambil satu cangkir jintan hitam, haluskan, lalu campur dengan satu gelas madu. Tambahkan 3 siung bawang merah yang telah dicincang cincang. Minumlah sepertiganya sebelum setiap hari. Ulangi ini setiap hari, namun baiknya juga setelah anda makan.

JINTAN HITAM MENGOBATI GONDOK

Ambil bubuk jintan hitam, aduk dengan madu dan beberapa tetes royal jelly, minumlah setiap hari selama satu bulan, InsyaAllah Anda akan lihat gondok mengempis secara wajar.

MENGHILANGKAN KUTIL DENGAN JINTAN HITAM

Ambillah bubuk jintan hitam, aduk dengan alkohol kemudian gosokkan pada tempat tumbuhnya kutil dengan menggunakan kain wool atau katun setiap pagi dan sore selama seminggu. Atau gosoklah kutil dengan daun jarak. Setelah kering, minyaki dengan minyak jintan hitam.

SAKIT GIGI, AMANDEL DAN PANGKAL TENGGOROKAN

Jintan hitam direbus, lalu gunakan air rebusannya untuk berkumur (usahakan air sampai menyentuh pangkal tenggorokan). Ini sangat bermanfaat untuk mengobati segala jenis penyakit mulut dan pangkal tenggorokan. Selain itu minumlah satu sendok bubuk jintan hitam yang dicampur dengan air hangat.

JINTAN HITAM MENGOBATI REMATIK

Rebus hingga matang jintan hitam. Urutkan pada daerah yang terkena rematik kuat kuat seakan anda mengurut tulang. Minum pula minyak jintan hitam yang telah dipanaskan itu sambil dicampur sedikit madu, minum sebelum tidur. Lakukan hal ini terus menerus.

JINTAN HITAN SEBAGAI OBAT RAMBUT RONTOK

Caranya, aduk tepung yang terbuat dari jintan hitam, dalam perasan air seledri, satu sendok cuka kadar rendah dan secangkir minyak zaitun. Gosokkan ke kepala setiap sore. Kemudian cuci kepala dengan air hangat dan sabun. Lakukan setiap hari

MENGHILANGKAN KUTU RAMBUT DAN TELURNYA DENGAN JINTAN HITAM

Haluskan jintan hitam lalu campur dengan cuka sampai terlihat seperti salep. Oleskan ke kepala atau ke pangkal rambut. Setelah itu jemur dibawah sinar matahari selama kurang lebih seperempat jam. Rambut jangan dicuci sebelum 5 jam. Ulangi setiap hari sampai kutu rambut dan telurnya benar-benar hilang.

Sumber referensi : 
Majalah hidayah 
Wikipedia 
Mukjizat kesembuhan (karya : Abul Fida’ Muhammad Izat Arif) 
Sumber gambar : Google Images 

Demikianlah info seputar Manfaat Jintan Hitam untuk mengobati berbagai penyakit. Jintan Hitam merupakan obat herbal yang alami dan aman. Semoga rangkuman ini bermanfaat bagi pembaca.


Related

Manfaat 1277016970219250310
item