MANFAAT BUAH PISANG, KANDUNGAN GIZI BUAH PISANG, & 18 JENIS PISANG

Sudah tahukah anda akan ribuan manfaat buah pisang ? Buah Pisang (Musa paradisiaca ) adalah salah satu buah yang paling popular di indon...




Sudah tahukah anda akan ribuan manfaat buah pisang ? Buah Pisang (Musa paradisiaca ) adalah salah satu buah yang paling popular di indonesia dan masyarakat indonesia sebagian besar sangat menyukai buah ini , buah pisang sangat mudah anda jumpai di pasar tradisional ataupun di supermarket dan pedagang kaki lima di pinggir jalan , buah pisang sangat banyak kandungan gizi nya untuk manusia Pisang termasuk dalam jenis Terna dari suku Musaceae dengan batang kuat, dan daun yang besar dan memanjang dan warnanya hijau tua. Buah nya berbentuk sisir-sisirdan setiap sisirnya berisi (10 20) pisang, dan di dalam buahnya sebagian besar tidak terdapat biji .

Manfaat buah pisang bisa dilihat dari segi kandungan gizi yang terdapat didalamnya. Nutrisinya hampir sempurna untuk tubuh manusia karena di dalam buah pisang terkandung nutrisi enam yaitu: air, gula, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Bahkan kandungan asam folat yang tinggi pada buah pisang, diyakini sebagai buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Dan tahukah anda bahwa Indonesia adalah penghasil pisang ke 4 terbanyak di dunia , berikut ini adalah kandungan gizi , manfaat dan jenis dari buah pisang :

KANDUNGAN GIZI BUAH PISANG


Pisang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga pisang cocok untuk dikonsumsi oleh siapapun, beberapa kandungan gizi buah pisang antara lain : (68%) air, (25%) gula, (2%) protein, (1%), lemak dan minyak, (1%) serat Selulosa. Selain itu, pisang juga mengandung pati dan asam tanin, vitamin A , vitamin B1, B2, B 6, dan 12 vitamin D, Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium ,Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng.

MANFAAT BUAH PISANG UNTUK KESEHATAN


Pisang juga mempunyai beberapa manfaat yang baik untuk tubuh manusia, berikut diantaranya :
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Obat hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Mencegah penyakit jantung 
  • Kesehatan janin
  • Mengatasi anemia (kurang darah)
  • Mengatasi gangguan pencernaan
  • Menurunkan berat badan 
  • Menghaluskan kulit
  • Meningkatkan mood
  • Memperlancar metabolisme tubuh
  • Mengatasi sakit perut karena maag, dll

Itulah manfaat dari buah pisang untuk kesehatan tubuh kita dan buah pisan juga tediri dari banyak jenis , mungkin sebagian orang mengira bahwa buah pisang hanya ada 1 atau 2 jenis saja , itu pernyataan yang salah karena buah pisang mempunyai banyak jenis yang tersebar di seluruh Indonesia , berikut ini ulasannya :

JENIS JENIS BUAH PISANG DI INDONESIA


Sebenarnya di Indonesia ada sekitar 230 jenis buah pisang tetapi yang banyak di jual di pasar tradisional ataupun di supermarket. Beberapa jenis pisang yang paling umum ditemui antara lain :
  1. pisang barangan, 
  2. pisang raja, 
  3. pisang raja sereh, 
  4. pisang raja uli, 
  5. pisang jara jambe, 
  6. pisang raja molo, 
  7. pisang raja kul, 
  8. pisang raja tahun, 
  9. pisang raja bulu, 
  10. pisang kepok, 
  11. pisang tanduk, 
  12. pisang mas, 
  13. pisang ambon
  14. pisang ambon lumut, 
  15. pisang ambon kuning, 
  16. pisang nangka, kapas, 
  17. pisang kidang, 
  18. pisang lampung, 
  19. dan pisang tongkat langit ,

Itulah jenis-jenis buah pisang yang banyak di konsumsi masyarakat Indonesia pada umunya meskipun terdapat 230 macam tetapi tidak semuanya menjadi favorit orang-orang pecinta buah pisang Demikianlah ulasan tentang manfaat buah pisang beserta gizi dan jenis buah pisang yang baik untuk kesehatan manusia , semoga bermanfaat dan jangan lupa perbanyak makan buah pisang untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda ..

Lihat juga berbagai resep olahan makanan dari pisang dibawah ini :
Keripik Pisang
Kue Putu Pisang
Kolak Pisang
Molen Pisang
Crepe Pisang Coklat
Naga sari
Bubur Mutiara Pisang


Related

Manfaat 1564362820953035498
item