INI SOLUSI KOMPOR GAS TIDAK NYALA SETELAH GANTI TABUNG GAS, SILAHKAN DICOBA !

Dalam beberapa kasus, ada kompor gas yang tidak menyala setelah diganti tabung gas yang baru, padahal speedometer gas menunjukkan bahwa gas...




Dalam beberapa kasus, ada kompor gas yang tidak menyala setelah diganti tabung gas yang baru, padahal speedometer gas menunjukkan bahwa gas dalam tabung penuh atau masih banyak. Apakah tabung ini adalah tabung palsu / tabung gas ilegal dan sebagainya ? Atau mungkin kompor gasnya yang rusak ? atau jangan jangan regulatornya yang bermasalah ? Stop ! jangan khawatir dulu, sekarang mari kita mengetahui sedikit tentang satu bagian penting pada regulator yang berfungsi mengalirkan gas dari tabung ke kompor.

Kebanyakan penyebab kompor gas tidak mau menyala padahal baru saja ganti tabung gas yang baru adalah terletak pada regulatornya. Pada regulator terdapat sebuah bagian yang bernama Pentilator, dalam Regulator, Pentilator adalah sebuah piranti yang terbuat dari logam berbentuk tabung dan mempunyai lubang  dikedua ujungnya, dialam pentilator terdapatlah gotri / pelor yang bisa bergerak dari ujung ke ujung tergantung pada tekanan gas dan udara dalam pentilator.

Penyebab kompor gas tidak menyala dalam kasus ini :

Lalu apa yang menyebabkan kompor tak mau menyala setelah ganti tabung baru ? Penyebabnya adalah Gotri / Pelor yang ada pada pentilatorlah yang menutup otomatis pada satu lubang bagian ujung regulator karena ketidak seimbangan antara gas dan udara, sehingga menyebabkan gas tidak bisa mengalir dari dalam tabung menuju selang regulator. Bahasa sederhananya adalah gas terjebak di bagian pentilator karena gotri menutupi ujung regulator yang menyebabkan gas tak bisa mengalir ke kompor gas.

Mengatasi kompor gas tak nyala setelah ganti tabung :

1. Jika dalam kondisi regulator terpasang maka cobalah ketuk dengan dengan jari sebanyak 5 sampai 7 kali ketukan pada bagian pentilator (gotri). Kemudian coba nyalakan kompor gasnya, jika berhasil menyala maka masalah selesai.. Tapi jika tidak berhasil, lakukan cara yang kedua.

2. Lepas bagian regulatornya kemudian pegang lalu goyangkan atau kocok kocok (ngocok) naik turun beberapa kali, kemudian pasang kembali regulatornya ke tabung dan coba nyalakan kompor gasnya..

Nah itulah solusi untuk mengatasi kompor Gas yang tidak nyala setelah ganti tabung gas yang baru, dalam hal ini diasumsikan kompor gas, dan regulator anda sedang dalam keadaan normal, hanya saja tiba2 tidak nyala pasca ganti tabung baru yang padahal sebelum ganti tabung masih bisa menyala. Semoga tips ini bermafaat.


Related

Rumah Tangga 1345582202401857800
item