RESEP & CARA MEMBUAT AYAM GORENG TEPUNG KFC YANG RENYAH DAN CRISPY ANTI BANTET

Bagaimana cara membuat Ayam Goreng Tepung Renyah & Krispi ala KFC ? Kali ini blog cara membuatmu akan berbagi resep membuat ayam goreng ...




Bagaimana cara membuat Ayam Goreng Tepung Renyah & Krispi ala KFC ? Kali ini blog cara membuatmu akan berbagi resep membuat ayam goreng yang renyah dan crispy. Daging ayam merupakan bahan makanan yang bisa dinikmati siapa saja dengan berbagai olahan yang menggoda selera, mulai dari semur ayam, ayam bumbu bali, soto ayam, sate ayam, bubur ayam, ayam panggang, ayam bakar, opor ayam, ceker ayam rica rica, hingga ayam goreng tepung, dan tentunya masih banyak jenis masakan ayam lainnya.


Ada satu hal yang harus difahami dalam membuat ayam goreng tepung agar renyah kres... kress.. kriuk. Cara agar ayam goreng tepung renyah adalah dengan menambahkan air es sebelum digoreng. Air es ini membuat tekstur daging ayam dingin sehingga ketika diberi tepung yang sudah dibumbui kemudian digoreng, maka tepung ayam akan terasa jauh lebih renyah bila tidak memakai air es. Nah berikut ini adalah Resep Ayam goreng yang renyah ala KFC.

BAHAN BAHAN AYAM GORENG KFC : 

- Ayam 500 gr (atau sesuai selera)
- Tepung terigu 500 gr, gunakan yang rendah protein

BUMBU UNTUK MERENDAM AYAM (MARINASI) :

- Garam, 1 sendok teh
- Kaldu bubuk 1 sendok teh
- Lada bubuk, 1 sendok teh
- Ketumbar bubuk , 1 sendok teh
- Cabe bubuk, 2 sendok teh, untuk cabe bisa disesuaikan dengan selera, jika tidak suka pedas skip aja
- Bawang putih halus 3 siung saja

BUMBU ADONAN TEPUNG AYAM GORENG :

- Garam, 2 sendok teh
- Kaldu bubuk, 2 sendok teh
- Lada bubuk, 1 sendok teh
- Ketumbar bubuk, 1 sendok teh
- Jika suka pedas tambahkan Cabe bubuk sebanyak 2 sendok teh

AIR ES UNTUK MENCELUPKAN AYAM SBLM DIGORENG

- Air es cukup 1 liter
- Garam 1 sendok teh
- Kaldu bubuk 1 sendok teh
- Baking powder 1 sendok teh

LANGKAH LANGKAH CARA MEMBUAT AYAM GORENG RENYAH CRISPY
  1. Pertama marinasi terlebih dahulu ayam yang sudah disiapkan dengan bumbu2 marinasinya. balur ayam dengan bumbu sampai merata lalu diamkan dalam kulkas dengan suhu dingin (jangan suhu beku) selama min 30 menit, jika ingin lebih meresap lagi bumbunya, diamkan dalam kulkas selama satu malam penuh
  2. Langkah kedua setelah ayam selesai dimarinasi dan sudah didiamkan dalam lemari pendingin, siapkan adonan tepung untuk baluran ayam. siapkan tepung dalam wadah yang agak besar, masukkan semua bumbu untuk adonan tepung yang sudah disiapkan aduk sampai semua tercampur dengan rata. selanutnya siapkan juga celupan untuk ayamnya, masukkan garam, kaldu bubuk, dan baking powder ke dalam air es, aduk sampai rata.(kegunaan dari air es adalah agar tekstur menjadi renyah pada kulit ayam ketika sudah selesai digoreng)
  3. Apabila semuanya selesai dipersiapkan, sekarang lanjutkan lagi ke proses penepungan. tahapan untuk penepungannya dimulai dari ayam yang sudah selesai di marinasi, masukkan terlebih dahulu ke dalam tepung dan ratakan, angkat kemudian celupkan ssebentar ke air es, angkat lagi lalu tiriskan airnya (hindari banyak air yang menempel di ayam supaya jika di masukkan kembali ke dalam tepung, tepungnya tidak menggumpal) , kemudian masukkan lagi ke dalam tepung dan aduk aduk. agar kulit ayam tidak bantet dan keras, cukup aduk2 ringan jangan ditekan tekan. apabila dirasa tepungnya kurang tebal, penepungan bisa diulangi lagi sampai mendapatkan ketebalan tepung yang sesuai keinginan. Jika proses memberikan tepung sudah selesai, goreng ayam pada minyak panas, gunakan api sedang dan jangan terlalu sering di bolak balik agar tepungnya tidak hancur. Apabila sudah berwarna kecoklatan, silahkan angkat, tiriskan, dan ayam goreng siap disajikan.

Nah begitulah resep & cara membuat ayam goreng tepung yang renyah ala KFC. Dengan memasak ayam KFC sendiri kita bisa lebih hemat dan tentunya jika anda memiliki keinginan berbisnis bisa mencoba menjual ayam goreng / Fried Chicken renyah buatan anda sendiri. Semoga bermanfaat.


Related

Resep Masakan 4166682384496741805
item