12 KHASIAT TEMPE YANG SANGAT BERMANFAAT BAGI KESEHATAN

Banyak sekali manfaat dan khasiat Tempe yang cukup berperan penting untuk kesehatan tubuh. Hampir semua orang tahu bahwa tempe merupakan su...




Banyak sekali manfaat dan khasiat Tempe yang cukup berperan penting untuk kesehatan tubuh. Hampir semua orang tahu bahwa tempe merupakan sumber Protein Nabati tinggi yang murah meriah namun syarat akan gizi. Tempe yang notabene merupakan hasil fermentasi dari kacang kedelai dan ragi menjadi salah satu makanan tradisional populer di berbagai kalangan. Kandungan gizi tempe juga sangat banyak meliputi serat, kalsium, fosfor, karotin, vitamin A, B1, dan C.

Tahukah Anda ternyata khasiat tempe sangat banyak sekali. Nilai gizi yang terdapat pada tempe juga mempunyai peranan penting bagi kesehatan tubuh. Kandungan protein yang terdapat dalam tempe bisa dikatakan setara dengan kandungan protein yang ada dalam daging. Diantara sekian banyak manfaat dan khasiat tempe berikut ini 12 diantaranya :

12 KHASIAT TEMPE


1. MENCEGAH ANEMIA

Tempe dipercaya bisa berkhasiat sebagai pencegah Anemia dan Osteoporosis. Dua penyakit ini lebih banyak diderita oleh kaum wanita karena kodrat wanita yang harus mengalami haid, hamil, dan menyusui. Penyakit Anemia ini lebih cenderung menyerang wanita yang malas makan karena takut gemuk. Wanita ini biasanya melakukan diet ketat sehingga produksi sel darah merah menurun. Mineral, Zat Besi, dan Vit B 12 yang terkandung dalam tempe merupakan zat-zat yang diperlukan untuk memproduksi sel darah merah.

2. MENCEGAH KANKER PROSTAT & KANKER PAYUDARA

Universitas North Carolina (USA) melakukan penelitian pada tempe yang menemukan kandungan zat genestein dan fitoestrogen. Kedua zat ini mempunyai khasiat sebagai pencegah kanker terutama prostat dan payudara.

3. PENANGKAL RADIKAL BEBAS

Zat Antioksidan dalam bentuk Isoflavon yang terdapat dalam tempe bermanfaat sebagai penangkal pembentukan radikal bebas. Baik bagi penderita jantung.

4. MENGATASI DIARE

Kandungan Protein dalam tempe yang sangat tinggi dan mudah dicerna. Hal ini bisa mengatasi diare.

5. MENCEGAH OSTEOPOROSIS

Kandungan kalsium yang cukup tinggi dalam tempe dapat mengurangi resiko penyakit osteoporosis. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa kalsium merupakan zat yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

6. SEBAGAI ANTI INFEKSI

Dari hasil survey menunjukkan bahwa tempe mengandung senyawa anti bakteri yang diproduksi oleh "R. Oligosporus". Ini merupakan antibiotik yang bisa mencegah atau meminimalkan terjadinya infeksi.

7. MENURUNKAN KOLESTEROL.

Kandungan protein, niasin, kalsium, serat dan asam lemak PUFA, bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

8. KHASIAT LAIN :

  • - Mencegah Masalah Gizi ( Kelebihan maupun Kekurangan Gizi)
  • - Mencegah Timbulnya Hipertensi
  • - Menurunkan Tekanan Darah
  • - Daya Hipokolesterol
  • - Mencegah Proses Penuaan Dini (Anti Aging)

Source :
Tips Pangan "Teknologi, Nutrisi dan Keamanan Pangan" 2002, Grasindo Jakarta
www.jawaban.com
www.wikipedia.com
staff.uny.ac.id

Demikianlah artikel sederhana tentang Khasiat Tempe yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang syarat akan gizi. Semoga bermanfaat.




Related

Manfaat 62162767315938274
item