KANDUNGAN GIZI TEMPE DAN PROSES PEMBUATAN TEMPE

Banyak sekali kandungan gizi tempe yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain kandungan gizi nya yang banyak, tempe juga mempunyai rasa yang...




Banyak sekali kandungan gizi tempe yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain kandungan gizinya yang banyak, tempe juga mempunyai rasa yang gurih dan nikmat dengan berbagai macam variasi pengolahan. Jenis makanan tradisional yang merupakan hasil fementasi biji kedelai ini cukup banyak diminati oleh sebagian besar mansyarakat Indonesia. Bahkan di beberapa tempat, tempe menjadi makanan wajib yang selalu ada sebagai hidangan lauk pauk dan camilan.

Kandungan gizi tempe yang paling dikenal adalah protein nabati. Kandungan protein nabati yang banyak, juga dimanfaatkan untuk dikonsumsi oleh banyak kaum vegetarian di dunia sebagai pengganti daging, sehingga saat ini tempe tidak hanya ada di Indonesia, tetapi sudah mendunia. Penelitian tentang tempe juga telah dilakukan oleh berbagai negara-negara maju seperti Amerika, Jepang, dan Jerman. Di Indonesia sendiri telah mengembangkan galur unggul Rhizopus untuk menghasilkan tempe yang lebih cepat, berkualitas dan mempunyai tingkat gizi yang lebih baik.

KANDUNGAN GIZI TEMPE


Dibawah ini adalah tabel informasi kandungan gizi tempe yang bersumber dari : Komposisi Zat Pangan Indonesia Depkes RI Dir. Bin. Gizi Masyarakat dan Puslitbang Gizi 1991.

PROSES PEMBUATAN TEMPE


Tahukah Anda bahwa proses pembuatan tempe adalah dengan mencampur antara biji kedelai yang telah direbus dengan ragi tempe dan dibiarkan beberapa saat pada suhu kamar agar terjadi fermentasi. Dengan kata lain, seebenarnya secara garis besar pembuatan tempe hanyalah dengan dengan menumbuhkan spora. Spora ini bernama Rhizopus sp. Spora tersebut mempunyai kemampuan untuk membuat benar hifa, benang hifa ini akan mengait antara kedelai satu dengan kedelai yang lain.

Selama pertumbuhan spora, Rhizopus sp. akan menguraikan kandungan yang ada pada tempe seperti nutrisi dan protein untuk tubuh agar mudah dicerna.

Selengkapnya lihat : Cara Membuat Tempe Kedelai

BERBAGAI OLAHAN TEMPE

Selain sebagai bahan lauk, tempe juga mempunyai banyak variasi olahan, mulai dari kripik tempe, tempe mendoan, tempe bacem, mendol, dsb. Berikut ini adalah foto & resep berbagai olahan tempe :

Tempe Bumbu Woku


Tempe Bacem

Lalapan Tempe

Tempe Goreng Mendoan



Demikianlah informasi singkat tentang kandungan gizi tempe dan proses pembuatan tempe. Olahan tempe merupakan kuliner Indonesia yang sangat fenomenal. Banyak olahan tempe variatif yang sudah mendunia. Semoga bermanfaat.


Related

Manfaat 4893568210374978616
item