MENGENAL MANFAAT BUAH KELAPA DAN KANDUNGAN BUAH KELAPA

Buah kelapa merupakan tanaman yang mempunyai banyak manfaat. Manfaat buah kelapa tidak hanya pada bagian buahnya saja, tetapi hampir semua...




Buah kelapa merupakan tanaman yang mempunyai banyak manfaat. Manfaat buah kelapa tidak hanya pada bagian buahnya saja, tetapi hampir semua dari bagian kelapa termasuk pohon, daun, akar, sabut, mempunyai berbagai macam fungsi yang berperan cukup penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga sering disebut "tumbuhan serbaguna". Tumbuhan kelapa merupakan suku dari tumbuhan aren-arenan (Arecaceae).

Tumbuhan kelapa diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia (Asia). Namun saat ini kelapa sudah menyebar diseluruh pantai dan daerah-daerah tropis di dunia. Salah satu manfaat buah kelapa yang paling dikenal didunia adalah pada airnya yang mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang (dehidrasi). Dibawah ini adalah ulasan singkat mengenai manfaat dan kandungan yang terdapat pada buah kelapa.

KANDUNGAN GIZI BUAH KELAPA



Buah kelapa mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh. Kandungan zat yang terdapat dalam buah kelapa antara lain :

KALORI

Kalori yang terkandung dalam buah kelapa cukup tinggi, pada daging buah kelapa tua ada 359 kal per 100 gram. Buah kelapa setengah muda mengandung kalori 180 kal per 100 gram, sedangkan pada kelapa muda mengandung kalori 68 kal per 100 gram. Rata-rata kalori yang terdapat dalam airnya berkisar 17 kal per 100 gram.

TANIN / ANTIDONTUM

Air kelapa hijau lebih banyak mengandung tanin / antidontum. Zat ini adalah anti racun. Kandungan antidontum pada kelapa hijau lebih banyak dibanding dengan kelapa jenis lain.

KANDUNGAN ZAT KIMIA LAIN :

- Asam Askorbat / vit.C
- Protein
- Lemak
- Hidrat Arang
- Kalsium
- Potasium

MINERAL :

- Zat besi
- Fosfor
- Gula ( glukosa, fruktosa, sukrosa)

Enzim yang terkandung dalam air kelapa mampu mengurai sifat racun.

MANFAAT BUAH KELAPA

Dari sekian banyak manfaat air kelapa, berikut ini diantaranya :
  • 1. Mengobati sakit panas dalam
  • 2. Sebagai penawar racun
  • 3. Membantu meredakan nyeri saat haid
  • 4. Mengobati sakit panas
  • 5. Mengobati deman berdarah
  • 6. Influenza
  • 7. Mengobati kencing batu
  • 8. Mengusir cacing kremi
  • 9. Meredakan sakit gigi (berlubang)
  • 10. Menggantikan cairan tubuh yang hilang karena dehidrasi.

MACAM MACAM BUAH KELAPA




Demikianlah informasi singkat tentang manfaat buah kelapa dan kandungan didalamnya. Buah kelapa menjadi salah satu buah paling digemari karena rasa air kelapa mudanya yang khas. Semoga bermanfaat.


Related

Manfaat 3370214131435069599
item