SERIBU MANFAAT BUAH PETAI UNTUK PENDERITA MAAG DAN STROKE

Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang manfaat buah petai untuk kesehatan. Buah yang terkenal dengan baunya ini biasa digunakan untuk...




Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang manfaat buah petai untuk kesehatan. Buah yang terkenal dengan baunya ini biasa digunakan untuk lalap (dimakan mentah dengan nasi). Banyak orang yang suka dengan petai dan mampu menghabiskan 2 tangkai sekaligus untuk dimakan sebagai lalap. Walaupun demikian banyak juga yang tidak suka bahkan alergi dengan yang namanya petai / pete.

Selain digunakan untuk lalap, buah petai juga biasa digunakan untuk campuran lauk pauk dan dimasak terlebih dahulu, di beberapa tempat seperti wilayah Malang Selatan, petai biasa dikonsumsi dengan cara dibakar terlebih dahulu, dan disebut dengan petai bakar. Pernah coba ? Tahukah anda bahwa petai memiliki zat / kandungan yang baik untuk tubuh. Terutama untuk penderita penyakit Maag, karena petai mempunyai kandungan zat yang berfungsi menetralkan kelebihan asam lambung, sehingga akan mengurangi iritasi pada lambung.

Bahkan buah petai juga satu satunya makanan / buah yang boleh langsung dimakan oleh penderita maag kronis karena sifat buah ini lembut. Tak hanya untuk penderita maag, pete juga baik dikonsumsi untuk mengurangi resiko kematian yang disebabkan oleh stroke. The New England of Medicine menuturkan, petai bagus dikonsumsi saat diet karena bisa mengurangi resiko stroke hingga 40 persen.

BEBERAPA MANFAAT PETAI YANG LAIN


Selain untuk mengatasi maag dan stroke, Petai juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat buah petai untuk kesehatan.


1. Kandungan tryptophan bisa meningkatkan mood.
2. Asam jengkolat pete seperti pada jengkol mampu mencegah sel kanker.
3. Bagus untuk penderita anemia karena pete memiliki zat besi yang tinggi.
4. Kandungan kalium pada petai juga tergolong banyak sehingga bisa menstabilkan metabolisme tubuh serta mencegah depresi.
5. Kandungan Vitamin B yang tinggi pada petai mampu menenagkan saraf dan memberikan efek rilex saat kelelahan.
6. Kandungan vitamin B6 B12, Magnesium dan kalium bisa mentralisir nikotin dalam tubuh, ini bagus dikonsumsi oleh mantan perokok.
7. Pete juga bagus untuk otak, mengatasi sembelit, mencegah cacingan dan tekanan darah tinggi.

Selain ke7 manfaat buah petai diatas, ternyata buah petai juga bisa untuk meningkatkan nafsu makan. Ini sudah dibuktikan oleh banyak orang, dengan menyertakan petai dalam porsi makan mereka, maka nafsu makan bertambah. Walaupun memiliki banyak manfaat, tentunya petai juga tidak baik dikonsumsi secara berlebihan, oleh sebab itu konsumsilah petai sewajarnya saja.


Related

Manfaat 1626958673888954009
item