BERBAGAI MANFAAT DAUN MANGKOKAN UNTUK CAMPURAN OBAT HERBAL

Manfaat daun mangkokan sudah lama dikenal di masyarakat sejak dulu kala, terutama di Negara kita Indonesia. Daun mangkokan biasa digunaka...




Berbagai Manfaat Daun Mangkokan Untuk Campuran Obat Herbal
Manfaat daun mangkokan sudah lama dikenal di masyarakat sejak dulu kala, terutama di Negara kita Indonesia. Daun mangkokan biasa digunakan untuk untuk tanaman hias dipekarangan rumah, selain itu tumbuhan ini juga biasa digunakan untuk tanaman obat yang mempunyai khasiat luar biasa sebagai campuran obat yang mampu mengobati berbagai penyakit yang ada dalam tubuh.

Selain mempunyai khasiat dan manfaat, daun mangkokan atau Polyscias scutellaria mempunyai sebutan yang berbeda-beda disetiap daerah di Indonesia Berikut ini adalah nama-nama lain dari daun mangkok / daun mangkokan :
  • Daun Papeda
  • Daun Koin
  • Mangko mangko
  • Goma matari
  • Daun Mangkok
  • Sawoko
  • Rau Paroro
  • Ai Lohoi
  • Ai Laun Niwel
  • Rau Paroro
  • Platitos [Tagalog]
  • Saucer Leaf / Shell Leaf [Inggris]

BENTUK & CIRI CIRI DAUN MANGKOKAN

Berbagai Manfaat Daun Mangkokan Untuk Campuran Obat Herbal
Nama daun mangkokan mengacu pada bentuk daunnya yang melengkung menyerupai mangkok, sehingga ciri-ciri utama daun ini memang berbentuk seperti mangkok. Daun mangkokan tumbuh di daerah tropis dengan tinggi batang maksimal sampai dengan 6 meter. Tumbuhan mangkokan mempunyai akar berjenis tunggang. Tanaman ini biasa digunakan untuk TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dan juga tanaman pagar / hias.

KHASIAT & MANFAAT DAUN MANGKOKAN


Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat daun mangkokan yang bisa digunakan untuk obat-obat tradisional untuk mengobati masalah pada tubuh, diantaranya :

MENGOBATI LUKA

Luka jika tidak segera cepat-cepat diobati akan bisa menimbulkan masalah yang serius seperti Infeksi. Bagi anda yang mempunyai tanaman Daun Mangkokan, coba gunakan resep mudah berikut :
- Ambil beberapa daun mangkokan segar, kemudian cuci bersih.
- Giling / tumbuh agar halus, lalu letakkan pada luka dan balut.
- Ganti 2 - 3 kali sehari.

MENGOBATI RAMBUT RONTOK

Rambut merupakan mahkota bagi seseorang terutama bagi wanita. Apa jadinya jika rambut selalu rontok ? berikut ini cara mudah mengobati rambut rontok menggunakan daun mangkokan :
- Ambil beberapa lembar daun mangkokan tua yang masih segar
- Bersihkan dan giling halus
- Campurkan sedikit minyak kelapa sehingga seperti bubur
- Peras / saring campuran tersebut.
- Gunakan hasil perasan untuk mengolesi kulit kepala sambil dipijat-pijat ringan.

MENGOBATI RADANG PAYUDARA

Daun Mangkokan juga berkhasiat untuk mengobati radang payudara, pembengkakan disertai bendungan ASI. Berikut ini cara praktis membuatnya :
- Daun mangkokan yang agak tua diremas dengan sedikit minyak kelapa dan sedikit parutan kunyit.
- Panaskan diatas api, hangat-hangat lalu letakkan diatas payudara yang membengkak dan biarkan agak lama. Ulangi sampai beberapa kali.

Selain khasiat - khasiat diatas, manfaat daun mangkokan dijuga bisa dirasakan untuk mengobati susah buang air kecil / sulit kencing. Cara membuatnya adalah dengan merendam daun mangkokan ke dalam air panas, hangat-hangat lalu kompreskan daun tersebut ke perut bagian bawah.

Demikianlah ulasan singkat berbagai manfaat daun mangkokan untuk campuran obat herbal yang diambil dari berbagai sumber. Semoga tulisan ini bermanfaat.


Related

Tradisional 7723970249805721719
item