CARA MEMBUAT SABUN MANDI BATANGAN PADAT BERBAHAN SEDERHANA

Cara membuat sabun mandi paling sederhana bisa kita lakukan dengan menggunakan bahan bahan "aman" yang bisa didapatkan dengan m...




Cara membuat sabun mandi paling sederhana bisa kita lakukan dengan menggunakan bahan bahan "aman" yang bisa didapatkan dengan mudah dipasaran. Salah satu cara untuk membuat kulit kita sehat adalah mandi dengan menggunakan sabun mandi, yang bisa membersihkan kulit dari kotoran, kuman, dan jamur.Karena mandi tidak hanya sekedar membasuh tubuh dengan air saja. Kita masyarakat indonesia sejak zaman nenek moyang kita sudah menggunakan sabun mandi alami untuk membersihkan badan dan pakaian dengan menggunakan produk nabati dari cairan buah "kelerak" yang memang sudah terbukti bisa membersihkan badan dan pakaian.

Pada zaman sekarang ini dalam kehidupan sehari-hari sabun mandi batangan / cair merupakan salah satu kebutuhan primer yang digunakan sebagai pembersih, pengharum, dan pendukung kesehatan kulit kita. Sabun adalah pembersih yang dalam penggunaanya dicampur dengan air untuk mencuci dan membersihkan. Pada saat kita mandi pagi dan sore ataupun sekedar mencuci muka dan tangan kita menggunakan sabun. Sabun mandi yang sering kita jumpai menurut bentuknya ada 2 macam, yaitu sabun batangan (padat) dan sabun cair.

Sabun mandi pada umumnya memang berbentuk batangan (padat). Namun sabun cair juga telah meluas terutama pada tempat-tempat umum. Harga sabun batangan di pasaran relatif lebih murah dibandingkan sabun cair serta cara pembuatannya pun sederhana. Nah yang akan kita bahas kali ini adalah cara membuat sabun mandi batangan (padat). Mengapa membuat sabun mandi ?? karena dengan membuat sabun mandi sendiri lebih bermanfaat dan aman daripada membeli sabun mandi dipasaran, dan tentunya Anda juga bisa memasarkan produk sabun mandi yang Anda buat. Dengan membuat sabun mandi sendiri Kita jadi tahu apa saja kandungan yang ada dalam sabun tersebut. Jadi tak perlu was-was lagi akan campuran bahan kimia berbahaya yang mengancam kesehatan kulit kita.

BAHAN MEMBUAT SABUN MANDI PADAT / BATANG


  • Caustik soda 38 BE 100 gram
  • Susu murni : 200 cc
  • Dextrin Alba : 30 gram
  • Garam : 4 gram
  • Minyak Rose/serai : 25 cc
  • Bibit minyak wangi : 25 cc
  • Pewarna : Secukupnya
  • Minyak kelapa : 1 liter
  • Minyak lemak sapi : 200 gram

CARA MEMBUAT SABUN MANDI 


  1. Campurkan larutan caustik soda dengan susu murni dan air bersih pada wadah yang bukan terbuat dari aluminium, kemudian rebus hingga mendidih.
  2. Larutkan minyak kelapa dan minyak lemak sapi, campurkan hingga merata kemudian panaskan. 
  3. Campuran larutan caustik soda, susu murni, dan air bersih (pada poin a diatas) yang sudah mengental kemudian dicampur dengan larutan minyak kelapa dan minyak lemak sapi (pada poin b diatas) lalu aduk hingga mengental. 
  4. Masukkan Dextrim Alba, minyak rose, pewarna, dan bibit minyak wangi lalu aduk kembali hingga merata. 
  5. Setelah semua bahan tercampur merata, masukkan pada cetakan yang telah disiapkan, biarkan beberapa saat hingga mengeras. Setelah mengeras, maka sabun bisa dikeluarkan dari cetakan dan siap digunakan. 

Demikian tips dan informasi seputar cara membuat sabun mandi dengan bahan bahan sederhana yang mudah diperoleh dipasaran, semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.


Related

Rumah Tangga 2083190259105334662
item