CARA MEMBUAT SHAMPO CAIR UNTUK RAMBUT SEHAT

Cara membuat shampo cair yang efektif berfungsi untuk meningkatkan ketegangan permukaan kulit kepala sehingga dapat meluruhkan penumpukan...




Cara membuat shampo cair yang efektif berfungsi untuk meningkatkan ketegangan permukaan kulit kepala sehingga dapat meluruhkan penumpukan kotoran dan membersihkan kulit kepala dan rambut dari sisa produk perawatan rambut yang digunakan setiap hari. Cara penggunaan shampo yaitu dengan mencampurkannya dengan air tujuannya adalah untuk melarutkan minyak alami yang dikeluarkan oleh tubuh dan membersihkan kotoran yang melekat. Proses membersihkan kulit kepala dan rambut dengan menggunakan shampo sering kali kita menyebutnya dengan keramas.

Sejak zaman dahulu sudah banyak yang membuat shampo sendiri dari bahan-bahan alami yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar. Seperti bila ingin rambutnya hitam berkilau maka shamponya dibuat dari merang yang dibakar hingga menjadi abu dan dicampur dengan air, selain itu kemiri, santan, dan lidah buaya juga sering digunakan. Bahkan sampai sekarang bahan-bahan tersebut juga masih banyak digunakan pada produk shampo, akan tetapi dengan beraneka campuran bahan kimia.

Pada saat ini shampo memang sudah tersedia dalam banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Ada shampo untuk rambut berkilau, shampo anti ketombe, shampo untuk rambut rontok, shampo untuk rambut kering, shampo untuk melebatkan rambut semua tersedia. Kita harus pandai-pandai memilih produk shampo mana yang terbaik dan aman untuk kita, agar rambut dan kulit kita terhindar dari kerusakan dan tetap sehat. Membuat shampo cair dengan bahan-bahan yang sederhana, cara yang mudah, dan aman tentunya bagi kesehatan rambut dan kulit kepala ini cukup direkomendasikan.

Menurut bentuknya shampo yang sering kita jumpai dipasaran ada 2 macam, yaitu shampo bubuk dan shampo cair. Shampo bubuk selain digunakan manusia, lebih banyak digunakan untuk hewan peliharaan yang tidak menyukai bersentuhan dengan air seperti kucing dan anjing. Sedangkan shampo cair lebih banyak digunakan manusia karena lebih praktis dan mudah cara penggunaannya.

BAHAN MEMBUAT SHAMPO CAIR


  • Taxafon/Sulfafon 1 ons
  • Natrium Clorida 15 gram
  • Air masak 500 cc
  • Pewarna secukupnya
  • Bibit Minyak Wangi 2 cc

CARA MEMBUAT SHAMPO CAIR


1. Masukkan Taxafon/Sulfafon dan Natrium Clorida ke dalam panci sambil diaduk hingga tercampur rata.

2. Masukkan Air masak sedikit demi sedikit ke dalam campuran Texafon/sulfafon dan Natrium Clorida tadi sambil terus diaduk hingga merata.

3. Terakhir masukkan pewarna dan bibit minyak wangi secara bersamaan, aduk terus hingga benar-benar merata. Setelah semua bahan tercampur dengan merata maka shampo cair telah siap untuk digunakan.

Sumber referensi : Buku Panduan Wira Usaha.

Demikianlah tips dan resep cara membuat shampo cair untuk rambut. Saat ini shampo merupakan bahan kebutuhan pokok mandi yang diperlukan setiap orang untuk membersihkan rambut. Tentunya, ini cukup menjadi peluang usaha bagi Anda yang ingin mencoba bidang ini. Semoga tulisan ini bermanfaat.


Related

Rumah Tangga 1028748928492076128
item