CARA MEMBUAT PERMEN COKLAT SUSU / BUAH

Cara membuat permen coklat yang cukup mudah adalah dengan menggunakan bubuk / tepung coklat asli. Selain menggunakan coklat untuk membuat...




Cara membuat permen coklat yang cukup mudah adalah dengan menggunakan bubuk / tepung coklat asli. Selain menggunakan coklat untuk membuat permen, kita juga bisa menggantikan komposisi coklat dengan susu atau buah. Permen sudah dikenal manusia sejak zaman dulu, saat ini permen sudah berkembang dengan macam macam bentuk, ukuran, dan rasa, mulai dari permen coklat, permen karet, lolipop, dan sebagainya.

Sejarah mengatakan bahwa permen coklat pertamakali dibuat oleh Conrad J Van Houten asal Belanda pada tahun 1828. Resep membuat permen coklat dari Conrad sangatlah sederhana. Ia hanya memeras biji coklat lalu dimasak kemudian dicampur dengan gula. Dari resep tersebut lalu muncullah ide ide baru untuk membuat permen yang berkualitas dan tahan lama. Salah satu dari resep tersebut adalah sebagai berikut :

BAHAN MEMBUAT PERMEN COKLAT


Pertama, silahkan persiapkan bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat permen coklat, bahan bisa didapatkan dengan mudah di pasaran.
  • Mentega : 1/2 kg
  • Tepung / Bubuk Coklat  : 1/2 kg
  • Susu Kental Manis : 1/2 kg
  • Gula Pasir Tepung : 3 kg
  • Air Bersih : 1/2 liter

CARA MEMBUAT PERMEN COKLAT


1. Langkah pertama, campurkan air bersih dan bubuk coklat menggunakan wadah (baskom / panci). Aduk kedua bahan tersebut sampai benar benar rata. (campuran bahan 1)

2. Kemudian panaskan / rebus mentega sampai meleleh. Jika mentega telah terlihat cair, maka susu kental manis dimasukkan sembari diaduk merata selama kurang lebih sepuluh menit.

3. Dalam adukan Mentega dan susu kental manis tersebut masukkan juga tepung gula pasir dan diaduk lagi sampai merata kemudian angkat. (campuran bahan 2)

4. Selanjutnya campurkan "bahan campuran 1" dengan "bahan campuran 2" aduk aduk hingga betul betul tercampur rata. Kemudian panaskan dan aduk aduk lagi.

5.Hasil dari adukan diatas adalah bubur permen. Langkah berikutnya, siapkan cetakan yang telah diolesi mentega / minyak ebolin agar tidak lengket saat permen dicetak.

6. Langkah terakhir, masukkan bubur permen kedalam cetakan cetakan yang telah disediakan. Biarkan kering selama satu hari agar mengeras. Jadilah permen coklat susu yang siap dipasarkan ataupun dikonsumsi sendiri.

Demikianlah resep cara membuat permen coklat susu / buah. Jika Anda ingin memasarkan Permen Cokelat yang dibuat tadi, berilah bungkus dan merk yang menarik. Jika Anda kreatif dan bisa membaca peluang, mungkin resep ini bisa dijadikan bisnis. Semoga bermanfaat.


Related

Tata Boga 4788799695573904734
item