CARA TERNAK IKAN LELE DUMBO PERAWATAN DAN MASA PANEN

Cara ternak ikan lele dumbo merupakan sebuah solusi dan kiat praktis bagi seseorang yang ingin mencoba berwira usaha dengan beternak ikan...




Cara Ternak Ikan Lele
Cara ternak ikan lele dumbo merupakan sebuah solusi dan kiat praktis bagi seseorang yang ingin mencoba berwira usaha dengan beternak ikan lele. Ikan lele sendiri terdapat beberapa jenis, yang salah satunya adalah lele dumbo. Jenis ternak ini cukup mudah dilakukan dan tidak terlalu membutuhkan persiapan khusus yang rumit. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup "berharga" dipasaran. Selain itu, ikan lele juga sudah tidak diragukan lagi akan kandungan gizinya.

Ternak ikan lele umumnya bisa dilakukan dengan media kolam langsung dari tanah / cor, bisa juga menggunakan media dari terpal. Segala jenis ikan lele cara ternaknya kurang lebih sama. Berikut ini adalah tips sederhana cara ternak ikan lele mulai dari proses pembuatan kolam, penebaran bibit ikan, penanggulangan penyakit, perawatan dan makanan sampai masa panen.

PERSIAPAN TERNAK IKAN LELE DUMBO

Sebelum memulai,beberapa hal yang perlu disiapkan antara lain :
  • Kolam
  • Bibit ikan
  • Makanan
  • Obat (untuk menanggulangi jika ikan lele terserang penyakit)

MEMBUAT KOLAM IKAN

Media kolam yang digunakan adalah kolam di tanah (bukan media terpal). Persiapkan kolam ikan dengan ukuran sebagai berikut :
- Panjang : 7 meter
- Lebar : 5 meter
- Kedalaman : 1 meter
Kolam disekat-sekat dengan ukuran 1 meter persegi (untuk penebaran 40 ekor lele / 1 m persegi)

Setelah itu, beberapa tahap yang harus dilakukan antara lain :
  1. Pengeringan : Kolam dikeringkan dahulu selama tiga hari.
  2. Pengapuran dan Pemupukan : Pada hari ke empat, kapur 1 gram ditebarkan ke kolam permeter persegi, taburkan juga pupuk kandang dengan ukuran 700 gram permeter persegi, dan biarkan selama tiga sampai empat hari tanpa menggunakan air.
  3. Pengairan : Selanjutnya pada hari ke 6 atau ke 7 isi kolam dengan air sampai ketinggian 20-30 cm dan biarkan selama seminggu sampai air terlihat warna kehijauan. Kemudian tambahkan air kedalam kolam setinggi 95 cm.

PENEBARAN BIBIT / BENIH LELE

Cara Ternak Ikan Lele
Bibit ikan lele yang berumur satu bulan (ukuran tubuh berkisar 5 - 10 cm) ditebar pada pagi hari dengan jumlah 40 ekor permeter persegi.

MAKANAN

Makanan untuk bibit lele adalah Zooplankton dan Hytoplankton, bisa juga dengan larva atau cacing sutra. Lele perlu diberi makanan tambahan seperti ikan basah, bangkai (ayam tiren) sisa sisa industri / adonan, keong mas, siput dll. Saat ini sudah banyak pakan lele yang sudah dijual dipasaran, kita juga bisa menggunakan pakan tersebut.

OBAT DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT

Pada lingkungan yang jelek ikan lele akan mudah terserang penyakit, sehingga peternak lele harus cukup menjaga lingkungan kolam agar lele terhindar dari penyakit. Penyakit pada lele disebabkan oleh bakteri. Sebagian besar lele yang terkena penyakit akan timbul bisul, hati dan limpa rusak.

Untuk mengatasi lele yang berpenyakit beberapa tips yang diperlukan adalah :
  • Mengganti air kolam
  • Pengkapuran kolam dengan dosis 100 gr / m2
  • Pakan ikan dicampur dengan antibiotik (tetracycline). Dosis 1cc/10gr berat lele perhari selama dua minggu.
  • Lele yang berpenyakit dapat diobati menggunakan larutan garam dari (konsentrasi 30gr/liter).

MASA PANEN IKAN LELE DUMBO


Ikan lele Dumbo dapat dipanen sesudah tiga bulan terhitung dari pertama kali penyebaran bibit. Berat ikan lele yang dulunya 10 gr akan menjadi 100-300 gr. Ini tergantung dari kesehatan, pakan, dan lingkungan kolam.

Sebagai makanan alternatif lele juga bisa diberi makan sisa makanan dapur, kotoran ayam dengan sistem tumpang sari, bangkai angsa ayam bebek yang dibakar, katak air, dsb. Semoga tulisan sederhana cara ternak ikan lele dumbo perawatan dan masa panen ini bermanfaat.


Related

Ternak 3555278692588900079
item