CARA MEMBUAT TAHU DENGAN DUA BAHAN DASAR

Cara membuat tahu secara sederhana sebenarnya cukup mudah. Kita hanya membutuhkan dua bahan dasar untuk membuat tahu , yakni kedelai puti...




Cara membuat tahu secara sederhana sebenarnya cukup mudah. Kita hanya membutuhkan dua bahan dasar untuk membuat tahu, yakni kedelai putih dan batu tahu ( Ca So 4 ). Tahu merupakan jenis bahan makanan yang sangat familiar terutama bagi kita yang tinggal di kawasan Asia. Harga tahu yang terjangkau dan keberadaan tahu cukup mudah didapatkan sepertinya semua orang sudah pernah mengkonsumsi jenis makanan ini. Selain itu, tahu juga syarat akan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat tahu, berikut ini adalah informasi gizi yang terkandung dalam tahu mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Didalam tahu terkandung :
  1. Vitamin E
  2. Vitamin B12
  3. Fosfor
  4. Kalsium
  5. Protein
  6. Lemak
  7. Karbohidrat
  8. Kalium
  9. Vitamin B Kompleks
Protein Nabati dalam tahu merupakan jenis protein nabati yang terbaik, ini disebabkan karena tahu memiliki komposisi asam amino yang sangat lengkap. Selain itu, tahu juga dipercaya mempunyai daya cerna yang besar (85%-98%). Kandungan asam lemak tak jenuh pada tahu sebanyak 80persen juga aman untuk kesehatan jantung. Bahkan dalam publikasi "American Journal of Clinical Nutrition", tahu juga dapat menurunkan kolesterol jahat pada tubuh.

BAHAN UNTUK MEMBUAT TAHU


Sebelum memulai membuat tahu, persiapkan dahulu bahan dasar yang diperlukan :
  • Kedelai putih
  • Batu tahu / Ca So 4

CARA MEMBUAT TAHU


1. Cucilah kedelai hingga bersih, lalu rendamlah dalam air kurang lebih selama lima (5) hari.

2. Setelah hari ke lima, kedelai digiling menggunakan mesin gilingan tahu.

3. Rebuslah hasil gilingan kedelai tersebut dalam air sampai mendidih.

4. Kemudian disaring dengan saringan tahu / saringan yang halus. Dan hasil saringan tersebut dibubuhi dengan Ca So 4 / Batu tahu pada suhu panas rendah.


 5. Biarkan beberapa saat, dan lama lama cairan hasil penyaringan tersebut akan menjadi beku. Dengan begitu jadilah tahu yang biasa kita temui di supermarket ataupun pasar pasar tradisional.


Jika Anda ingin menjual tahu tersebut, potonglah tahu kecil-kecil persegi, tempatkan tahu pada air tawar agar awet. Mengingat saat ini jenis usaha pembuatan bahan makanan seperti tahu dan tempe semakin mempunyai tempat, tak ada salahnya kita mencoba berwira usaha dengan membuat tahu. Semoga tips cara membuat tahu dengan dua bahan dasar ini bermanfaat.


Related

Industri 5092155823238704288
item