CARA MEMBUAT KACANG TELUR DAN RESEP RAHASIANYA




Cara membuat kacang telur cukup mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Kacang telur yang notabene merupakan makanan ringan atau camilan yang terbuat dari kacang dan adonan telur, biasa dikonsumsi masyarakat indonesia. Bahan dasar dari kacang telur adalah kacang tanah. Kacang tanah sendiri merupakan tanaman polong-polongan atau legum yang banyak dibudidayakan di Indonesia dan merupakan kacang terpenting kedua setelah kacang kedelai. Kacang tanah kaya akan lemak, protein, zat besi, vitamin E, kalsium, vitamin B6, fosforus, vitamin A, vitamin K, lesitin, dan kolin.

Kacang telur adalah makanan ringan yang digemari oleh masyarakat berbagai kalangan. Biasanya kacang telur disiapkan untuk menjamu para tamu, sajian saat santai keluarga, bahkan sebagai oleh-oleh.Di beberapa daerah jenis kacang telur juga sangat populer, misalnya di bali dan makasar kacang telur di kenal dengan sebutan kacang disco. Produk kacang telur di swalayan dan toko-toko tidak lagi didominasi oleh industri besar, industri rumah tangga membuat kacang telur pun juga sudah banyak yang mengemas hasil produksinya yang dipasarkan di swalayan, toko-toko bahkan pedagang kaki lima. Oleh karena itu, sudah banyak yang menjadikan kacang telur sebagai peluang usaha, karena dinilai hemat biaya, ramah lingkungan, proses pembuatannya mudah, dan banyak dicari konsumen.

Membuat kacang telur sudah banyak dikenal terutama oleh ibu-ibu yang gemar membuat camilan untuk keluarga. Resep cara membuat kacang telur ini bisa anda praktekkan dirumah dan tidak perlu membeli kacang telur di toko-toko. Karena bahan-bahannya sangat mudah di jumpai dan caranya pun sangat mudah.

RESEP KACANG TELUR


• Kacang tanah yang sudah dikupas dan dikeringkan 1 kg
• Tepung terigu ½ kg
• Telur ayam 1 butir
• Gula pasir yang telah dihaluskan 1 ons
• Garam halus 1 sendok teh

LANGKAH PEMBUATAN KACANG TELUR


1. Pecahkan telur dan dikocok kemudian masukkan tepung terigu, gula pasir, sambil terus dikocok hingga merata dan mengembang.
2. Masukkan kacang tanah yang telah dikeringkan ke dalam adonan di atas dan aduk hingga merata.
3. Lalu balut kacang tanah yang telah tercampur adonan di atas dengan tepung terigu kering sehingga menjadi bulatan-bulatan kacang telur namun masih mentah, keringkan kurang lebih 10 menit.
4. Masukkan bulatan-bulatan kacang telur yang masih mentah tersebut ke dalam minyak mendidih hingga matang dan berwarna golden brown.
5. Setelah kacang telur selesai digoreng dan didinginkan barulah di kemas dalam plastik atau wadah tertutup untuk menyimpannya agar tetap renyah.

Gunakan api yang sedang saja, karena api yang terlalu besar akan membuat kacang cepat gosong.
Apabila anda menyukai kacang telur dengan rasa pedas, maka anda bisa menambahkan cabe rawit atau cabe bubuk pada adonan balutan kacang telur.

Demikian cara membuat kacang telur yang bisa anda coba. Semoga resep kacang telur dalam artikel kali ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba...


Related

Tata Boga 8213712426075422562
item