CARA MEMBUAT KERIPIK TEMPE RENYAH & GURIH HANYA 5 LANGKAH




Cara membuat keripik tempe
Apakah Anda ingin mengetahui tips mudah cara membuat keripik tempe yang renyah dan gurih ?. Simak tulisan berikut ini. Tempe adalah makanan yang terbuat dari fermentasi biji kedelai. Tempe banyak mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat yang lebih mudah dicerna dan diserap tubuh. Tempe sangat baik dikonsumsi anak-anak untuk mengoptimalkan pertumbuhannya dan bagi orang dewasa untuk menjaga fungsi organ tubuh.

Keripik tempe merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tempe yang diiris tipis dan digoreng dengan tepung dan bumbu khusus.Hampir setiap orang dari berbagai kalangan pasti sudah merasakan betapa gurihnya keripik tempe yang renyah dengan aroma bawang yang gurih. Makanan ini sangat populer dan hampir merata di seluruh pulau jawa. Banyak kota-kota di pulau jawa yang menjadikan keripik tempe sebagai oleh-oleh khas dari masing-masing kota tersebut dan dengan cita rasa yang berbeda-beda.Seiring berjalannya waktu, pada saat ini dengan banyaknya orang yang menggemari keripik tempe, banyak pula perusahaan besar maupun rumahan yang menjadikannya peluang usaha membuat keripik tempe. Maka tak heran bila kita jumpai banyak sekali macam keripik tempe dari berbagai daerah.

Untuk membuat keripik tempe ini sangatlah mudah dan sederhana serta dapat dilakukan sendiri. Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat keripik tempe.

BAHAN-BAHAN UNTUK MEMBUAT KERIPIK TEMPE


Tempe kedelai 2 potong
• Santan kelapa 1 gelas
• Tepung beras ½ gelas
• Tepung tapioka ¼ gelas
• Telur ayam 1 butir
• Bawang putih 5 siung
• Ketumbar ½ sendok
• Kemiri 50 gram
• Daun jeruk 2 lembar
• Garam secukupnya
• Vetsin secukupnya
• Minyak goreng secukupnya

CARA MEMBUAT KERIPIK TEMPE


1. Langkah pertama irislah tempe kedelai tipis-tipis dan kemudian dijemur setengah kering.

2. Siapkan bumbu-bumbu. Haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri, daun jeruk, garam dan vetsin.

3. Tepung beras, tepung tapioka, santan kelapa, telur ayam dan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi menjadi adonan yang agak cair.

4. Tempe yang telah dijemur setengah kering tadi kemudian dicelupkan ke dalam adonan kemudian di goreng dalam minyak yang telah dipanaskan diatas api sedang hingga kering dan renyah.

5. Setelah keripik dingin barulah disimpan dalam plastik atau wadah yang tertutup agar tetap renyah.

Kriuk-kriuk ketika menggigit keripik tempe ini, karena bahan tepung beras dan tepung tapioka menjadikan keripik tempe ini menjadi renyah dan garing. Ditambah dengan harum aroma bawang putih dan daun jeruk serta gurihnya air santan dan racikan bumbunya yang membuat semua orang ketagihan untuk mencicipi keripik tempe ini.

Untuk membuat keripik tempe yang gurih dan renyah tentunya perlu ketelitian dan kebersihan. Tempe yang menjadi bahan dasarnya harus terbuat dari kedelai yang bagus dan rasanya tidak pahit, serta memudahkan saat pengirisan tempe menjadi lembaran-lembaran kripik tipis. Minyak goreng yang digunakan juga harus berkualitas bagus agar keripik yag dihasilkan wangi (tidak sangit) dan tidak tengik.


Related

Tata Boga 7077136249142090024
item