RESEP CARA MEMBUAT TAHU BRONTAK / TAHU ISI (SAYUR, MIHUN, DLL) PALING ENAK LEZAT DAN GURIH

Bagaimana cara membuat tahu isi ? Tahu isi atau dibeberapa daerah juga disebut tahu brontak adalah sebuah jajanan tradisional gorengan yan...




Bagaimana cara membuat tahu isi ? Tahu isi atau dibeberapa daerah juga disebut tahu brontak adalah sebuah jajanan tradisional gorengan yang terbuat dari tahu matang yang diisi dengan beberapa jenis sayuran ataupun mihun. Kemudian dibalut dengan tepung dan digoreng sehingga rasanya krispi diluar dan lezat didalam

Tahu brontak sendiri merupakan jajanan khas jawa timur yang biasanya dijual oleh penjual gorengan beserta dengan pisang goreng, ote ote, singkong goreng, tempe goreng, menjes goreng cryspi dan lain sebagainya. Nah berikut ini adalah cara membuat tahu isi sayur yang lezat dan enak.

Tahu brontak isi sayur

BAHAN & BUMBU TAHU BRONTAK


Tahu yg sudah digoreng / tahu coklat / tahu kulit : 10 Biji
Tauge : 1 Genggam (bisa juga pakai mihun matang atau campuran keduanya)
Wortel : 2 buah
Tepung terigu : 2 sendok penuh
Tepung beras : 2 sendok
Bawang putih : 1 - 2 siung
Bawang bombay : setengah
Daun bawang : 2 buah
Lada halus : secukupnya
Garam : secukupnya
Gula : sedikit
Kaldu bubuk (bisa sapi / ayam)
Minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT TAHU BRONTAK


1. Kupas dan iris wortel panjang panjang atau sesuai selera lalu campur dengan tauge / mihun dan potongan daun bawang.

2. Cincang bawang bombay dan bawang putih lalu ditumis, setelah layu masukkan wortel tauge / mihun daun bawang yang sudah dicampur tadi dan aduk aduk sebentar masukkan garam gula dan lada lalu matikan api.

3. Sekarang keluarkan isi tahunya (putihnya) sisakan kulitnya dan sedikit isinya yang nempel dikulit dalam tahu, kemudian masukkan isian yang sudah ditumis tadi sampai habis.

4. Buatlah adonan tepung terigu dan tepung beras, beri kaldu bubuk, garam, dan air. Aduk aduk sampai bisa digunakan untuk celupan / adonan tahu tadi.

5. Goreng tahu dengan panas minyak sedang agar matangnya merata dan bagus. Jika sudah matang berwarna coklat kekuningan segera angkat dan tiriskan. Tahu brontak yang sudah matang bisa disajikan dengan cabe rawit, saos sambal, petis.


Related

Tata Boga 4144486545749162923
item