OBAT BATUK ALAMI YANG AMAN UNTUK MENGOBATI BATUK




OBAT BATUK ALAMI YANG AMAN UNTUK MENGOBATI BATUK
Banyak sekali obat batuk alami yang aman mengobati batuk dan bisa ditemukan di alam sekitar. Beberapa tanaman obat yang biasa dikenal mempunyai fungsi untuk mengobati batuk seperti asam jawa, jeruk nipis, jahe merah, daun kayu putih, dan lain sebagainya. Walaupun saat ini sudah banyak obat batuk dalam kemasan tetapi obat batuk yang berasal dari alam dan dibuat secara alami tetap mempunyai nilai lebih dan tentu saja lebih aman dan minim efek samping.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan lain sebagainya. Ada dua macam batuk yang kita kenali yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak yaitu batuk yang mengandung lendir atau cairan kuning ditenggorokan yang disebut dahak, sedangkan batuk kering yaitu batuk yang tidak mengandung lendir atau dahak.

Batuk dapat dibedakan menjadi 2 jenis batuk, yaitu:

  • Batuk akut, yaitu batuk yang berlangsung kurang dari 14 hari serta dalam satu episode.
  • Batuk kronis, batuk yang berlangsung lebih dari 14 hari atau terjadi dalam tiga episode selama tiga bulan berturut-turut.

Sedangkan penyebab batuk ada beberapa hal, antara lain:

1. Perubahan cuaca yang tidak menentu.
2. Gangguan kesehatan seperti flu.
3. Kelemahan fisik.
4. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).
5. Alergi.
6. Asma atau Tuberculosis.
7. Karena benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan.
8. Tersedak akibat minum susu.
9. Menghirup asap rokok dari orang sekitar.
10. Kurangnya minum air putih setiap harinya.

Biasanya batuk mudah menyerang pada saat musim hujan, cuaca dingin, dan pada saat kekebalan tubuh seseorang menurun. Batuk merupakan gangguan kesehatan yang paling merakyat, karena siapapun pasti pernah terserang batuk. Batuk bisa datang sekejap dan kemudian pergi, namun ada juga batuk yang berkepanjangan. Salah satu cara mencegah batuk yaitu dengan mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan cuaca yang memerlukan kondisi tubuh yang prima.

Daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh yang prima dapat melindungi tubuh dari infeksi bibit penyakit atau virus yang masuk kedalam tubuh. Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima kita perlu mematuhi pola hidup yang sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, berolah raga secara teratur, dan istirahat yang cukup. Saat sudah terserang batuk pastilah sangat menjengkelkan, apalagi saat tidur malam hari sehingga batuk harus segera diatasi.

Umumnya batuk dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi obat batuk tentunya. Banyak sekali kita jumpai berbagai macam obat batuk dipasaran. Mulai dari yang berbahan kimia, maupun yang berasal dari bahan alami atau herbal. Pada artikel kali ini saya akan mengajak anda membuat ramuan tradisional untuk mengobati batuk menggunakan bahan-bahan alami yang sangat mudah didapatkan disekitar kita.

BAHAN-BAHAN OBAT BATUK ALAMI


• Air masak 1 sendok teh
• Air jeruk nipis 1 buah
• Kecap manis 1 sendok teh

CARA MEMBUAT OBAT BATUK TRADISIONAL / ALAMI :

Campurkan air masak, air jeruk nipis, dan kecap manis diaduk jadi satu, kemudian diminum 3 kali sehari secara teratur. Semoga ramuan obat batuk alami tersebut dapat mengobati batuk yang sangat mengganggu. Namun, apabila batuk tak kunjung sembuh maka segera periksa ke dokter untuk mengetahui secara pasti serta mendapatkan penanganan lebih lanjut seperti pemeriksaan rontgen paru, dahak, meneropong (fiberoptic bronchoscopy), atau CT_Scan. Semoga bermanfaat.


Related

Pengobatan 5334156967917913211
item