CARA MEMBUAT SIRUP NANAS DAN BAHAN BAHANNYA




Cara Membuat Sirup Nanas
Nanas merupakan salah satu buah yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Buah nanas dapat dimakan langsung sebagai buah segar saja, namun dapat juga diolah menjadi bahan makanan olahan seperti sirup nanas atau sari buah nanas, jam atau jelly nanas, selai nanas, manisan, bahkan keripik nanas. Membuat olahan dari buah nanas seperti membuat sirup nanas dan selai nanas sudah lama dikenal dan dibuat oleh para ibu rumah tangga baik untuk dikonsumsi sendiri maupun dijual sebagai usaha industri rumah tangga atau industri kecil.

Pada saat ini, bisa dibilang sirup buah nanas masih cukup jarang ditemukan sehingga sirup nanas memang tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan sirup jeruk, sirup melon, sirup strawberry, sirup markisa, dll. Padahal rasa buah nanas yang segar dan manis bila dibuat sirup pasti rasanya tidak akan kalah dengan sirup dari buah lain. Jadi, membuat sirup buah nanas ini juga bisa dijadikan peluang usaha.

Kandungan vitamin C pada nanas dapat bermanfaat melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyerang sel-sel kekebalan tubuh kita dan mendorong sistem imun kita agar semakin kuat dalam menghadapi berbagai virus dan penyakit. Bagi anda yang sedang memiliki persediaan buah nanas atau bagi anda yang memang membudidayakan buah nanas dan sedang musim panen, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk membuat sirup nanas sendiri. Karena bagaimanapun mengkonsumsi minuman dari buah asli tentu lebih fresh dan lebih sehat dibandingkan dalam kemasan. Untuk membuat sirup nanas tidaklah memerlukan banyak bahan dan mudah pula pembuatannya. Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat sirup nanas.

BAHAN UNTUK MEMBUAT SIRUP NANAS


• Air bersih ¼ liter
• Buah nanas yang sudah matang 1 buah
CMC makanan 10 gram
• Gula pasir (sodium ciclamate) ½ kg
• Pewarna makanan secukupnya
Asam citrun 10 gram
• Bahan pengawet (natrium Benzoat) 1 sendok

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT SIRUP NANAS


1. Kupas buah nanas kemudian parut, remas-remas dengan air kemudian saring ambil airnya sebagai essense nanas.
2. Masak air sampai mendidih, lalu masukkan CMC food (makanan) dan bahan pengawet (natrium benzoat).
3. Masukkan gula pasir (sodium ciclamate), pewarna makanan, dan asam citrun sambil diaduk hingga merata dan mengental.
4. Masukkan essense (sari nanas) ke dalam larutan diatas sambil terus diaduk
5. Setelah semua tercampur rata kemudian di dinginkan kurang lebih selama 1 jam lalu saring dan di masukkan ke dalam botol untuk penyimpanannya.
6. Untuk menyajikannya dapat ditambhakan es batu atau es serut sesuai selera.

Demikian cara membuat sirup nanas yang sangat sederhana dan bisa di coba dirumah. Seperti jenis sirup lainnya, sirup nanas ini juga cocok untuk disimpan sebagai persediaan minuman cepat saji bagi keluarga dirumah maupun saat ada tamu yang berkunjung.


Related

Tata Boga 1477083924271744680
item