RESEP BOTOK (PEPES) IKAN LAUT TENGIRI DAN CARA MEMASAKNYA

Indonesia terkenal dengan kekayaan hasil lautnya. Jadi, tidak diragukan lagi kuliner Indonesia banyak menggunakan bahan dasar dari ikan la...




Indonesia terkenal dengan kekayaan hasil lautnya. Jadi, tidak diragukan lagi kuliner Indonesia banyak menggunakan bahan dasar dari ikan laut, salah satunya adalah resep botok ikan tengiri. Ikan laut banyak mengandung gizi yang diperlukan oleh tubuh contohnya ikan tengiri yakni mengandung protein, zat besi, fosfor, energi, karbohidrat, lemak, kalsium, vitamin A, B1, dan C. Ikan tengiri juga mengandung protein dibawah telur, hampir sama dengan daging, bahkan lebih tinggi daripada kacang-kacangan.

Meskipun memiliki banyak nutrisi kita tidak boleh mengkonsumsinya yang berlebihan, sebaiknya secukupnya saja. Mungkin jenis masakan botok / pepes seperti botok ikan laut ini sudah banyak yang melupakannya, karena tergeser dengan menu makanan seafood yang lain. Tapi, jika anda ingin bernostalgia lagi dengan menu makanan ini, kami akan membantu untuk mengingat kembali resep botok ikan laut beserta cara pembuatannya.

RESEP BUMBU & BAHAN BOTOK IKAN


• Ikan tengiri segar 1 ekor
• Kelapa ½ buah
• Bawang putih 2 siung
• Bawang merah 5 butir
• Cabai rawit 15 buah
• Cabai hijau 2 buah
• Ketumbar 1 sdt
• Daun jeruk purut 1 lembar
• Garam secukupnya
• Daun pisang secukupnya untuk membungkus

CARA MEMASAK BOTOK TENGIRI


1. Ikan tengiri dibersihkan, insang dan jerohannya dibuang lalu dicuci bersih dan dipotong-potong menjadi beberapa bagian.
2. Cabai rawit dibuang tangkainya, dicuci dan dipotong menjadi beberapa bagian.
3. Cabai hijau dibuang isinya, dicuci bersih kemudian diiris serong.
4. Kelapa diparut dan dijadikan 1 gelas santan kental.
5. Kemudian membuat bumbu yaitu bawang merah dan bawang putih dikupas kulitnya lalu ditumbuk dengan ketumbar, daun jeruk purut dan garam secukupnya sampai halus.
6. Setelah itu bumbu tersebut dicampur menjadi satu bersama irisan cabai rawit, cabai hijau, potongan ikan tengiri dan santan.
7. Aduk hingga rata lalu ditaruh diatas daun pisang menurut selera yang dikehendaki kemudian bungkus.
8. Selanjutnya dikukus sampai matang dan angkat.

Itulah resep botok / pepes ikan laut tengiri, selain mempunyai gizi yang tinggi ternyata ikan tengiri juga memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk penurunan kolesterol, menutrisi sel-sel otak dan untuk mencegah anemia serta penyakit gondok. Tapi anda bisa mengganti ikan tengiri dengan ikan laut jenis lain seperti ikan kakap, kerapu, salmon, cakalang, dan lain sebagainya.


Related

Resep Masakan 3201274925973583096
item