RESEP BOBOR BAYAM DAN CARA MEMBUAT SAYUR BOBOR BAYAM YANG BENAR

Suka dengan sayur bayam ? Jika suka, tak ada salahnya untuk mengetahui resep bobor bayam dan cara membuat sayur bobor bayam . Selain deng...




RESEP BOBOR BAYAM DAN CARA MEMBUAT SAYUR BOBOR BAYAM
Suka dengan sayur bayam ? Jika suka, tak ada salahnya untuk mengetahui resep bobor bayam dan cara membuat sayur bobor bayam. Selain dengan cara ditumis, dibuat sayur bening, atau hanya sekedar dimasak saja, bayam juga bisa dibuat bobor. Bobor bayam adalah salah satu jenis masakan dari sayur bayam yang dimasak dengan menggunakan kuah. Kuah bobor berasal dari santan. Cara memasaknyapun bervariasi, ada yang menggunakan campuran jagung, tempe, maupun hanya dengan sayur bayam saja.

Resep sayur bobor bayam cukup populer dizaman dulu dan tergolong sebagai jenis masakan tradisional. Selain rasanya yang enak, bayam juga mengandung banyak vitamin dan gizi yang tidak kalah dengan sayur sayuran jenis lain. Bahkan bayam juga dianjurkan bagi mereka yang sedang melakukan diet dengan menjaga pola makan. Beberapa kandungan gizi yang terdapat pada sayur bayam antara lain : zat besi (Fe2+), Vitamin A, B1, C, Fosfor, kalsium, serat dan lain sebagainya.

Resep bobor bayam kali ini dibuat dengan menggunakan tempe sebagai pelengkapnya. Jika tidak suka tempe, anda bisa menggunakan bahan lain misalnya jagung, wortel atau sayur gambas.

BUMBU & BAHAN BOBOR BAYAM


Bahan yang digunakan :
•Daun bayam 1 mangkok
•Santan kelapa 1 mangkok
•Tempe sepotong kecil

Bumbu yang digunakan :
• Bawang merah 3 biji
• Bawang putih 1 siung
• Kemiri 2 biji
• Laos 1 potong
• Daun jeruk purut 1 lembar
• Daun salam 1 lembar
• Kencur, garam, vitsin sedikit

CARA MEMBUAT SAYUR BOBOR BAYAM


1) Air dimasak hingga mendidih.
2) Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, daun jeruk purut, kencur bersama garam.
3) Cucilah bayam dan masukkan.
4) Setelah mendidih, bumbu yang sudah dihaluskan tadi dimasukkan bersama tempe yang sudah dipotong kecil kecil.
5) Memarkan laos dan masukkan serta tambahkan daun salam dan vitsin.
6) Setelah itu masukkan santan dan tunggu hingga mendidih kembali.
7) Sayur bobor bayam sudah bisa disajikan.

TIPS AMAN MEMASAK BOBOR BAYAM


Usahakan memasak sayur bobor bayam tidak terlalu banyak, cukup untuk sekali makan saja. Ini untuk menghindari efek buruk pada bayam. Walaupun banyak mengandung banyak gizi terutama zat besi, bayam juga dapat menimbulkan racun pada tubuh. Racun bayam timbul ketika bayam dipanaskan berulang - ulang, Zat besi atau ferro (Fe2+) akan berubah menjadi senyawa ferri (Fe2-) karena proses oksidasi, senyawa Ferri (Fe2-) inilah yang berbahaya bagi tubuh. Itulah sebabnya kenapa olahan dari bayam harus habis dalam sekali makan (tanpa dipanaskan berulang-ulang).

Olahan dari sayur bayam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Dalam bayam, terdapat kandungan senyawa yang disebut dengan Purin. Senyawa Purin dalam sayur bayam cukup banyak sehingga akan menimbulkan kadar asam urat bagi penderita rematik dan asam urat. Itulah resep bobor bayam dan cara membuat sayur bobor bayam yang bisa dicoba dirumah. Anda tidak perlu takut dengan kandungan dalam bayam, karena bayam merupakan sayuran sehat bila dimasak dengan benar. Bahkan bayam dipercaya bisa mencegah diabetes, mempertajam penglihatan, mencegah anemia, melawan sel kanker dan berbagai manfaat lainnya.


Related

Resep Masakan 3172473937228174830
item