[RESEP] CARA MEMBUAT CILOK GURIH + SAUS KACANG KHAS JAWA TIMUR

Cilok merupakan salah satu jajanan sederhana yang paling banyak disukai oleh berbagai umur baik anak anak, remaja maupun orang dewasa. Rasa...




Cilok merupakan salah satu jajanan sederhana yang paling banyak disukai oleh berbagai umur baik anak anak, remaja maupun orang dewasa. Rasa cilok yang kenyal dan gurih serta perpaduan bumbu kacang yang lezat membuat kita ketagihan untuk makan cilok. Bila dilihat dari cara membuatnya, cilok hampir sama dengan pentol / bakso, yakni sama sama direbus, namun biasanya jumlah daging pada cilok lebih sedikit sehingga tak heran jika cilok dijual secara murah meriah.

Selain itu, agar cilok lebih gurih saat dinikmati kita juga bisa menambahkan saus. Ada beberapa jenis saus yang bisa digunakan untuk melengkapi cilok, seperti saus kacang agar cilok lebih lezat, atau bagi yang suka pedas bisa menggunakan saus sambal. Jajanan cilok umumnya banya dijual di daerah pulau jawa terutama di jawa timur, seperti Malang, Surabaya, dan daerah daerah lain baik di Jawa Timur, Jawa Tengah atau Jawa Barat.
Cilok + Bumbu Kacang
 
BAHAN BAHAN UNTUK MEMBUAT CILOK

1. Tepung Kanji (500 g)
2. Tepung Terigu (250 g)
3. Bawang Putih (beberapa siung)
4. Merica, Gula, Garam (secukupnya)
5. Irisan daun bawang
6. Air (secukupnya)
7. Daging sapi / ayam yang sudah halus (sesuai selera)

* Tanpa daging sapi / ayam sebenarnya anda juga bisa membuat cilok, namun agar rasa cilok lebih menggoda dan enak disarankan anda menggunakan daging.

LANGKAH LANGKAH MEMASAK CILOK

➤Haluskan bumbu bumbu terlebih dahulu (bawang putih, merica, gula, garam)
➤Selanjutnya tepung terigu dicampur dengan bumbu yang sudah halus menggunakan air panas sampai tercampur rata, tapi terlalu cair.
➤Setelah adonan cukup dingin kemudian masukkan juga tepung kanji, isian daun bawang dan daging lalu diuleni sampai kalis
➤Rebus air hingga mendidih dengan dicampur sedikit garam dan minyak goreng.
➤Bentuklah adonan menjadi bulat bulat bisa dengan menggunakan sendok atau dikepal dengan tangan.
➤Masukkan adonan bulat bulat kedalam air mendidih, apabila sudah mengapung dan mengkilat segera angkat & tiriskan.

MEMBUAT SAUS BUMBU KACANG UNTUK CILOK

Setelah selesai membuat cilok, sekarang saatnya untuk mempersiapkan saus kacangnya. Siapkan kacang tanah goreng sebanyak 150 gram, beserta 3siung bawah putih, cabe rawit beberapa buah jika suka pedas jangan lupa gula merah, garam, air secukupnya. Semua bahan dihaluskan atau diblender lalu didihkan sampai kental. Cilok + saus kacang siap dihidangkan.


Related

Resep Masakan 2262176339081656732
item