RESEP SEMUR AYAM ALA RESTORAN & CARA MEMBUAT SEMUR AYAM

Salah satu resep masakan yang berbahan dasar daging ayam adalah resep semur ayam , mungkin jenis masakan ini bukanlah jenis masakan yang a...




Resep semur ayam dan cara membuat semur ayam
Salah satu resep masakan yang berbahan dasar daging ayam adalah resep semur ayam, mungkin jenis masakan ini bukanlah jenis masakan yang asing lagi. Rasa pedas dan kuah kental semur ayam bisa membuat nafsu makan meningkat. Ini sangat nikmat bila disajikan hangat hangat dengan nasi yang hangat juga. Sebenarnya banyak sekali jenis semur ayam yang bisa dibuat, misalnya semur ayam kentang, semur ayam telur, semur ayam tahu bacem, semur ayam jamur dan lain sebagainya. Masakan dengan bahan dasar ayam memang sudah lekat dan familiar bagi lidah orang Indonesia.

Selain semur ayam, tentu saja masih banyak lagi masakan yang bisa dibuat dengan bahan utama daging ayam, seperti ayam goreng fried chicken, ayam balado, ayam bakar bumbu pedas, ayam kecap hitam, ayam begana, ayam rica rica, sate ayam, ayam panggang, ayam bumbu bali, ayam kukus lunak, ayam kalasan, dan sejenisnya. Apabila anda bingung untuk membuat menu masakan sementara dirumah masih ada daging ayam yang tersedia, tidak ada salahnya anda mencoba resep semur ayam berikut ini. Bumbu bumbu yang digunakan juga tidak terlalu rumit, bahkan mungkin semua bumbu sudah tersedia didapur rumah anda.

BUMBU SEMUR AYAM DAN BAHANNYA


Sebelum menyiapkan bumbu bumbu untuk membuat semur ayam, siapkan dahulu 1 ekor daging ayam untuh yang sudah dicuci bersih, selanjutnya siapkan bahan & bumbu berikut ini :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah tomat agak besar
2 gelas kaldu ayam
6 sendok makan kecap manis, pala, lada, dan garam secukupnya
2 buah cabai merah
minyak goreng secukupnya

CARA MEMBUAT SEMUR AYAM


  1. Pertama, ayam dicuci terlebih dahulu sampai bersih lalu potong menjadi beberapa bagian seperti biasanya.
  2. Setelah itu kemudian ayam direbus hingga matang, usahakan benar benar matang agar daging ayam lunak.
  3. Setelah itu bawang putih, bawang merah dikupas, cabai merah dibuang isinya lalu semua diiris tipis.
  4. Kemudian pala dan garam ditumbuk halus, bisa dengan menggunakan cobek.
  5. Minyak dipanaskan lalu tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah dengan pala, garam, lada yang telah dihaluskan, tambahkan juga irisan buah tomat.
  6. Masukkan kaldu ayam dan kecap manis.
  7. Aduk hingga matang dan merata dengan sempurna.

Setelah itu semur ayam siap untuk disajikan, anda bisa menambahkan hiasan seperti irisan tomat mentah, daun selada, daun seledri ataupun irisan jeruk nipis. Sajikan hangat hangat dan semur ayam bisa digunakan untuk makan malam ataupun sarapan. Bila ingin membuat dengan porsi yang lebih banyak, anda bisa membuat perbandingan sendiri. Itulah resep semur ayam dan cara membuatnya, semur ayam ini juga bisa disajikan saat lebaran, atau ketika sanak saudara berkunjung kerumah. Semoga bermanfaat.


Related

Resep Masakan 8179507234907558283
item