CARA MEMBUAT TAMAN ASRI NYAMAN & INDAH DISEKITAR RUMAH

Membuat taman bisa menjadi salah satu hal yang diidam idamkan oleh penguni rumah yang menginginkan suasana asri dan sejuk disekitar rumah. ...




Membuat taman bisa menjadi salah satu hal yang diidam idamkan oleh penguni rumah yang menginginkan suasana asri dan sejuk disekitar rumah. Selain untuk menambah kesan asri, taman juga menjadi daya tarik tersendiri dan menghindarkan sebuah rumah dari kesan gersang dan kering. Taman di sekitar rumah juga bisa menjadi sarana bermain bermain anak maupun sekedar sarana untuk duduk duduk bersantai sambil minum teh seluruh anggota keluarga untuk melepas penat, terlebih jika anggota keluarga saat bisa berkumpul bersama sama seperti hari libur.

Lalu bagaimana cara membuat taman yang paling mudah dan syarat akan asri & sejuk ? Kali ini blog caramembuatmu.com akan memberikan sekedar informasi dan tips bagi anda yang ingin membuat taman disekiar atau pekarangan rumah, seperti di depan rumah, disamping rumah atau taman dibelakang rumah. Adapun hal hal yang harus diperhatikan sebelum membuat taman antara lain :
  • Konsep & Ide
  • Lahan / Lokasi
  • Bahan dan Alat
  • Sarana pendukung
  • Perawatan

PERSIAPAN & CARA MEMBUAT TAMAN DI SEKITAR RUMAH


Sebenarnya gaya / desain untuk membuat taman itu tergantung dari konsep masing masing individu, dan tentunya masing masing orang memiliki minat desain taman yang berbeda, sehingga walaupun alat dan bahan yang digunakan sama, pastilah hasil taman tidak sama sesuai dengan kreatifitas masing masing orang. Membuat taman itu ibarat seni (art) sehingga pandangan orang pastilah berbeda beda, untuk itu dalam artikel ini juga akan ditampilkan berbagai contoh jenis taman dengan konsep yang berbeda beda.

KONSEP, LAHAN & LOKASI TAMAN

Pertama, tentukan terlebih dahulu lahan disekitar rumah yang ingin dibuat menjadi taman, jika lahan yang ada tidak terlalu besar / sempit, maka konsep tamannya adalah taman minimalis. Dan sebaliknya bila lahan cukup besar anda bisa membuat taman yang sesuai. Anda bisa meratakan tanah terlebih dahulu kemudian diberikan pupuk agar tanah subur untuk pertumbuhan rumput & tanaman.

BAHAN & ALAT UNTUK MEMBUAT TAMAN

Setelah Lahan selesai disiapkan selanjutnya adalah mempersiapkan bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat taman. Adapun bahan bahan yang dipergunakan bisa meliputi :
  • Tumbuhan (Rumput, Pohon, Bunga, Tanaman Perdu, Bonsai, dll)
  • Batu kerikil / Batu buatan
  • Batu-batu alam
  • Pot
Sedangkan untuk alat2nya bisa menggunakan :
Sekop, cangkul, sabit, gergaji, dll, apabila ingin menambahkan desain bebatuan atau tembok tembok kecil tentunya anda memerlukan pasir, semen, batu, air, dll

SARANA PENDUKUNG TAMAN

Selain tanaman sebagai objek utama dalam taman, anda bisa menambahkan saran pendukung agar taman terlihat lebih menarik, dan juga menjadi sarana rekreasi / relaksasi. Seperti :
  • Kolam / Air mancur
  • Ayunan
  • Gazebo
  • Meja kursi dll

PERAWATAN TAMAN

Agar taman selalu terjaga kebersihan dan keindahannya tentu saja anda harus melakukan perawatan sederhana, misalnya membersihkan daun daun yang kering, menyirami tanaman agar tak layu, ataupun memotong tanaman yang sekiranya sudah terlalu tinggi / panjang.

GAMBAR / FOTO DESAIN TAMAN DISEKITAR RUMAH


Sebagai inspirasi Anda untuk membuat taman, berikut ini adalah foto foto desain taman yang bisa dijadikan referensi, mulai dari Taman di depan rumah, samping, dan belakang rumah.

Taman Halaman Depan Rumah 






Taman Samping Rumah






Taman Belakang Rumah






Taman & Kolam Sekitar Rumah






Itulah tips & cara membuat taman asri nyaman & indah disekitar rumah. Taman taman tersebut bisa menjadi suatu objek yang menjadi rumah kita tidak terlihat monoton. Jika anda tidak ingin repot membuat taman sendiri anda bisa menggunakan jasa pembuatan taman, tentunya anda akan mengeluarkan biasa yang lebih mahal.


Related

Desain 4149590073910675176
item