TIPS CARA MEMBUAT RUMAH MINIMALIS MODERN & CONTOH MODEL RUMAH




Bagaimana cara membuat rumah minimalis modern yang nyaman, tenang, dan berarsitekstur menarik ? Secara umum, pengertian rumah adalah sebuah tempat tinggal bagi manusia dalam jangka waktu tertentu, selain itu rumah juga menjadi sarana untuk membangun rumah tangga yang harmonis. Setelah kebutuhan makan, pakaian, dan kesehatan terpenuhi, tentunya ada niatan untuk memenuhi kebutuhan papan (tempat tinggal / rumah). Karena rumah merupakan bangunan permanen maka diperlukan persiapan persiapan yang matang, baik dari segi dana, bahan bangunan, jasa / tenaga pembangunan rumah dan lain sebagainya.

Salah satu hal yang paling penting untuk difikirkan dalam pembuatan rumah adalah model dan tipe rumah, seperti tipe rumah 21, 36, 45, dll yang berdiri berdasarkan luas lahan yang anda miliki. Selain itu, hal yang tak kalah pentingnya adalah gaya atau model rumah, seperti gaya rumah yang cukup populer seperti rumah dengan gaya minimalis modern.

Ada banyak kelebihan yang disugukan oleh rumah bergaya minimalis modern, yang sebenarnya sudah ada sejak abad ke-20. Dengan desain arsitektur yang efisien serta sederhana membuatnya bisa diterapkan pada tanah dengan luas yang kecil maupun besar. Selain itu, rumah minimalis juga umumnya lebih murah, dengan bahan-bahan yang lebih mudah untuk didapatkan, dibandingkan dengan rumah bergaya tradisional. Untuk itu, tidak salah bila Anda yang ingin membangun rumah untuk coba mengikuti tips membuat dan menata rumah minimalis modern berikut ini.

PERSIAPAN DALAM MEMBUAT / MEMBANGUN RUMAH


1. PERENCANAAN YANG MATANG

Untuk membuat rumah minimalis modern, penting melakukan perencanaan yang baik, dari segi bahan bangunan, tanah, tukang, hingga desain. Untuk tanah umumnya rumah minimalis modern tidak memerlukan lahan yang luas. Itu mengapa, jenis gaya rumah seperti ini banyak dipergunakan oleh masyarakat perkotaan.

Sedangkan untuk masalah tukang dan desain sebaiknya menggunakan tenaga profesional. Desain setidaknya memiliki dua jenis unsur, yaitu sesuai dengan kaidah arsitektural dan sesuai dengan keinginan Anda. Rumah yang benar tentulah memiliki konstruksi, efisiensi energi dan tehnik pembangunan anti gempa yang baik.

2. FURNITURE RUMAH

Setelah bangunan telah jadi, fokuslah pada furnitur. Ruang yang kosong tidak akan menjadi minimalis modern bila tanpa furnitur yang mendukung. Setidaknya Anda harus tahu dahulu furnitur apa yang cocok. Anda bisa mencari di internet referensi-referensi gambar furnitur yang dirasa tepat. Selain itu, pastikan juga furnitur tersebut juga tidak hilang sifat livability dan kenyamanannya.

Untuk masalah unsur dari furnitur yang ada bisa dari segi bentuk, fungsi, hingga warna atau corak. Bentuk yang umum untuk rumah minimalis adalah flat atau datar, tegak lurus, dan simetris. Sedangkan untuk fungsi sebaiknya dapat digunakan dalam banyak hal. Misalnya lemari yang bisa digunakan sebagai tempat baju, sepatu, dan barang lainnya.

3. LANTAI & DINDING RUMAH

Tips membuat dan menata rumah minimalis modern selanjutnya adalah dengan melakukan beberapa dekorasi, terutama pada bagian lantai dan dinding. Namun sebenarnya masalah dinding dan lantai tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memainkan imajinasi yang sederhana, seperti paduan warna polos, pemilian bahan yang flat, dan corak yang tidak rumit.

Misalnya saja dalam masalah lantai, Anda bisa menggunakan keramik ataupun kayu. Dua bahan ini sangat cocok untuk rumah minimalis. Sedangkan dinding bisa dengan pemilihan warna. Namun warna yang paling cocok adalah warna-warna netral dan lembut, seperti putih, abu-abu, dan biru muda.

4. SEKAT & JENDELA RUMAH

Tips membuat dan menata rumah minimalis modern yang terakhir adalah dengan melakukan pengaturan sekat. Ahli arsitektur mengetahui bahwa rumah bergaya minimalis modern tidak memiliki banyak sekat dinding. Oleh sebab itu, ketika membangun, ruang yang disekat hanya kamar tidur dan kamar mandi saja.

KAMAR & RUANGAN DALAM RUMAH 


Lalu bagaimana dengan ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan selainnya?. Dan berikut ini adalah penjelasan dan tips sederhana dalam membangun / mendekorasi ruangan dalam rumah.

1. RUANG TAMU

Ruang tamu merupakan bagian dalam rumah utama yang biasa dijadikan untuk tempat tamu / kerabat berkunjung, umumnya ruang tamu adalah ruangan paling besar diantara ruangan ruangan lain. Beberapa komposisi yang berada diruang tamu antara lain kursi, meja, hiasan (guci, lukisan, dll). Contoh dan pembahasan tentang ruang tamu bisa dilihat pada artikel berikut : Contoh Ruang Tamu Modern.

2. KAMAR TIDUR

Kamar tidur juga menjadi ruangan vital untuk rumah sebagai tempat istirahat dan tidur. Dekorasi dan gaya yang menarik pada kamar tidur juga akan menimbulkan kesan nyaman dan rileks. Contoh desain kamar tidur bisa dilihat pada : Contoh Kamar Tidur Modern

3. RUANG KELUARGA

Ruang keluarga biasa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga, baik hanya sekedar untuk bercengkrama, minum teh bersama, nonton tv, main game dll. Dekorasi & tataruang yang menarik juga akan membuat ruang keluarga akan terasa nyaman. Lihat : Contoh dekorasi ruang keluarga.

4. KAMAR MANDI

Kamar mandi merupakan area untuk bersih bersih baik untuk mandi, buang air, atau mencuci. Untuk kamar mandi yang cukup sempit bisa dengan memisahkan kamar mandi dengan ruang mencuci. Walaupun ruang mandi anda sempit, anda bisa membaca tips membuat kamar mandi terlihat lebih besar pada artikel Contoh kamar mandi minimalis modern.

5. DAPUR 

Dapur yang digunakan untuk memasak makanan biasa juga dimanfaatkan untuk tempat berkumpul keluarga, terutama untuk jenis dapur kering. Butuh inspirasi untuk membuat dapur ? Lihat : Contoh dapur minimalis modern.

LAIN LAIN

Selain ke enam ruangan diatas, tentunya masih banyak ruangan lain yang bisa anda sesuaikan dengan rumah anda, seperti :
Teras
Taman
Garasi Mobil
Ruang kerja
Kolam renang, dll

CONTOH GAMBAR MODEL RUMAH MINIMALIS MODERN















Itulah tips cara membuat rumah & contoh model rumah minimalis modern. Inilah kunci dari rumah minimalis modern. Pemilihan bahan dari kayu atau kaca adalah salah satu cara untuk membuat ruang-ruang tersebut terlihat lebih luas, meski dalam keadaan minimalis. Sejalan dengan itu, jendela yang besar, yang membuat cahaya mudah masuk juga akan menambah cantik setiap ruang yang ada.


Related

Desain 1558821049660953335
item