MANFAAT BUAH JAMBU AIR BAGI KESEHATAN TUBUH

Manfaat buah jambu air untuk kesehatan tubuh tidaklah diragukan lagi. Buah yang berasal dari suku jambu-jambuan (Myrtaceae) ini mengandun...




Manfaat buah jambu air untuk kesehatan tubuh tidaklah diragukan lagi. Buah yang berasal dari suku jambu-jambuan (Myrtaceae) ini mengandung banyak Vitamin terutama vitamin A dan C, dan berbagai macam nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Buah ini sangat mudah dijumpai baik di kota maupun dipedesaan terutama di daerah tropis seperti Indonesia.

Manfaat buah jambu air yang paling menonjol adalah kandungan airnya yang cukup banyak. Ini bisa dimanfaatkan sebagai pengganti sementara saat cairan tubuh berkurang, atau ketika dalam keadaan haus. Jambu air juga mengandung banyak serat yang diperlukan oleh tubuh.


ASAL USUL BUAH JAMBU AIR

Tidak diketahui dengan pasti asal usul buah jambu air ini, tetapi buah jambu air diperkirakan berasal dari negara negara dikawasan Asia Tenggara. Buah ini sudah menjadi tanaman pokok buah-buahan di berbagai negara di kawasan Asia Tenggara sejak zaman dulu. Buah ini sangat populer di Indocina sampai bagian Timur wilayah Indonesia.

Sampai saat ini buah jambu air menjadi salah satu buah yang cukup digemari  oleh sebagian masyarakat di Indonesia.

KANDUNGAN GIZI JAMBU AIR

Tidak dapat dipungkiri jambu air memiliki kandungan gizi yang banyak, seperti Karbohidrat, Energi, Lemak, Kalsium, Zat Besi, Fosfor, Vitamin A, B1, dan C5. Berikut beberapa kandungan gizi yang terdapat pada buah jambu air (100 gr) :
  •  Kandungan Lemak Buah Jambu Air : 46 kkal
  •  Kandungan Protein Buah Jambu Air : 0,6 gr
  •  Kandungan Karbohidrat Buah Jambu Air : 11,8 gr
  •  Kandungan Energi Buah Jambu Air : 46 kkal
  •  Kandungan Fosfor Buah Jambu Air : 9 mg
  •  Kandungan Kalsium Buah Jambu Air : 8 mg
  •  Kandungan Zat Besi Buah Jambu Air : 1 mg
  •  Kandungan Vitamin C Buah Jambu Air : 5 mg
  •  Kandungan Vitamin B1 Buah Jambu Air : 0 mg
  •  Kandungan Vitamin A Buah Jambu Air : 0IU
Sumber informasi Gizi : Publikasi Kementerian Kesehatan RI dan sumber-sumber lainnya.

MANFAAT BUAH JAMBU AIR BAGI KESEHATAN

Buah Jambu Air memiliki banyak fungsi yang antara lain sebagai berikut :

-Mendinginkan Tubuh

Para ilmuan menyatakan bahwa Buah jambu air bisa mendinginkan tubuh dan memelihara kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan hampir 100 persen Buah jambu air berkomposisi cairan. Buah yang berbentuk seperti gasing dan berwarna menarik ini bagus untuk mengatasi kerentanan dehidrasi pada tubuh. Kandungan seratnya juga bagus untuk pencernaan.

-Untuk Kecantikan

Tahukah Anda bahwa buah jambu air juga mempunyai manfaat untuk kecantikan. Vitamin C yang terkandung dalam Buah jambu air dipercaya sebagai senyawa yang bagus untuk kecantikan, terutama untuk peremajaan kulit. Vitamin A pada jambu air juga bisa menjaga kesehatan mata.

Walaupun kandungan protein, fosfor, kalium dan zat besi pada jambu tidak setinggi pada buah-buah lain, buah segar ini tetap mempunyai fungsi yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara teratur.

BERBAGAI BENTUK BUAH JAMBU AIR









Demikianlah Artikel sederhana yang membahas tentang manfaat buah jambu air bagi kesehatan tubuh. Perbanyaklah makan buah segar untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, dan mensuplay kebutuhan vitamin anda. Semoga bermanfaat.


Related

Manfaat 8637160163722916415
item