MENJAGA KESEHATAN BAGI IBU HAMIL DENGAN IMUNISASI TT

Menjaga kesehatan bagi ibu hamil wajib dilakukan oleh setiap wanita yang sedang mengandung agar janin dan ibu tetap dalam keadaan sehat dan...




Menjaga kesehatan bagi ibu hamil wajib dilakukan oleh setiap wanita yang sedang mengandung agar janin dan ibu tetap dalam keadaan sehat dan tidak sakit sakitan, karena dari ibu yang sehat juga akan berpengaruh pada janin yang sehat. Selain disuplay dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi aneka makanan bergizi untuk ibu hamil, ibu hamil juga memerlukan asupan gizi lebih seperti konsumsi pil penambah darah dan vitamin.

Bagi anda yang sedang mengandung buah hati, berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan bagi ibu hamil :

PERIKSA KEHAMILAN SECARA RUTIN


Untuk mengetahui kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung, ibu hamil juga disarankan untuk memeriksakan diri ke bidan, petugas kesehatan atau dokter. Hal pertama ialah mengukur / menimbang berat badan setiap kali periksa, berat akan akan naik sesuai dengan umur kandungan. Ibu hamil juga disarankan untuk mengukur tinggi badan dan lingkar lengan atas (LILA) saat pertama kali periksa. Mintalah juga agar tekanan darah diukur serta ukur juga besar kandungan tiap kali periksa. Kandungan akan membesar sesuai umur kehamilan.

Ibu hamil juga memerlukan asupan darah yang tinggi sehingga disarankan untuk mengkonsumsi pil penambah darah setiah hari sejak masa kehamilan selama 90 hari kedepan. Pil penambah darah ini tidak berbahaya bagi janin.

IMUNISASI TT (TETANUS TOKSOID) BAGI IBU HAMIL


Ibu juga memerlukan imunisasi Tetanus Toksoid atau imunisasi TT, imunisasi TT berguna untuk mencegah penyakit tetanus pada bayi, berikut ini adalah tabel pemberian Imunisasi TT bagi ibu hamil.

IMUNISASI TT
SELANG WAKTU MINIMAL PEMBERIAN IMUNISASI
LAMA PERLINDUNGAN
TT 1

Langsung awal pembentukan kekebalan tubuh terhadap penyakit Tetanus
TT 2
1 bulan setelah TT1
3 tahun
TT 3
6 bulan setelah TT2
5 tahun
TT 4
12 bulan setelah TT3
10 tahun
TT 5
12 bulan setelah TT4
>25 tahun

Itulah tips menjaga kesehatan bagi ibu hamil baik dengan cara periksa rutin ke bidan maupun dengan cara pemberian imunisasi Tetanus. Perbanyak juga minum air putih dan jangan terlalu lelah beraktifitas. Semoga bermanfaat.


Related

Perawatan Tubuh 277744689736371703
item