CARA MEMBUAT KUE LAPIS KENYAL DAN LEMBUT SERTA BAHAN BAHAN KUE LAPIS




Tahukah anda dengan kue lapis dan bagaimana cara membuat kue lapis yang kenyal dan lembut ? Istilah kue lapis sebenarnya berasal dari kue itu sendiri karena berbentuk berlapis lapis warna warni. Tekstur kue lapis yang kenyal berasal dari salah satu bahan pembuatan kue lapis yaitu tepung kanji. Jika dilihat tekstur kenyal kue lapis mirip dengan jelly / agar agar, namun tentulah kedua kue ini berbeda.

Selain dengan tepung kanji, bahan yang digunakan untuk membuat kue lapis yang lain adalah tepung beras, tepung beras juga bisa digantikan dengan tepung terigu bila tidak ada, namun tepung kanji bersifat wajib karena hanya tepung ini yang akan menentukan kenyal tidaknya kue lapis. Rasa manis yang ditimbulkan dari kue lapis hanyalah berasal dari gula pasir, dan bukan pemanis yang lain.


Well, untuk membuat kue lapis dengan berbagai warna, silahkan siapkan bahan bahan yang dibutuhkan sebagai berikut :

BAHAN UNTUK MEMBUAT KUE LAPIS


1 Mangkok tepung beras, bila tidak ada bisa diganti tepung terigu
1 Mangkok tepung kanji yang bagus
Gula pasir satu mangkok
Santan kental 1 mangkok
Macam macam pewarna makanan (kesumba), 2 warna merah dan hijau (atau sesuai selera)
Panili
Garam
Mentega (untuk mengolesi loyang)

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT KUE LAPIS


1. Campurkan semua bahan bahan kecuali pewarna.

2. Pisahkan adonan kedalam 3 tempat yang berbeda, 1 adonan diberi pewarna hijau, 1 adonan diberi pewarna merah, dan 1 adonan tidak diberi warna dengan tujuan memberikan warna putih.

3. Siapkan dandang atau sejenisnya untuk mendidihkan air kemudian masukkan loyang yang sebelumnya loyang tersebut sudah diolesi dengan mentega.

4. Setelah panas, baru adonan dimasukkan. Adonan yang dimasukkan adalah 1 warna dulu, tunggu kurang lebih satu menit kemudian masukkan adonan selanjutnya, begitu seterusnya hingga adonan habis.

5. Jika sudah masak, tunggu sampai kue lapis dingin.

6. Bila sudah dingin, kue lapis siap untuk dipotong potong, dan disajikan ataupun dijual.

Itulah cara mudah membuat kue lapis kenyal dan lembut serta bahan bahan kue lapis, kue ini cocok dinikmati pada siang hari ditemani dengan minuman dingin. Kue lapis juga cocok digunakan untuk sarapan atau dibuat bekal untuk anak sekolah. Semoga bermanfaat.


Related

Tata Boga 2713050690818529538
item