CARA MEMBUAT KUE LOPIS JAJANAN PASAR TRADISIONAL NIKMAT

Cara membuat kue lopis – Rasa manis dan menggoda dari kue lopis mungkin banyak diminati oleh banyak orang dari segala usia. Jajanan pasar ...




Cara membuat kue lopis – Rasa manis dan menggoda dari kue lopis mungkin banyak diminati oleh banyak orang dari segala usia. Jajanan pasar kue tradisional lopis merupakan kue yang sudah ada sejak zaman dulu, tidak diketahui dengan pasti kapan kue ini mulai dibuat. Tapi sekarang kue lopis masih banyak dijajakan dipasar pasar tradisional di Indonesia, khususnya wilayah jawa dan kalimantan.

Dalam kue lopis terdapat pelengkap yang biasa disebut dengan sirup kinca atau juruh. Tapi sirup/juruh yang digunakan untuk lopis tidaklah sama dengan juruh yang digunakan pada bubur sumsum. Pembuatan juruh untuk kue lopis lebih sederhana, karena juruh yang diperlukan adalah sirup kental dari gula merah. Beberapa kue lopis menggunakan parutan kelapa yang ditabur diatasnya, namun ada beberapa lopis yang tidak menggunakan parutan kelapa.


BAHAN KUE LOPIS


Bila ingin membuat kue lopis sendiri dirumah, siapkanlah bahan bahan yang diperlukan, seperti :
Beras ketan setengah kilogram
Kelapa sedang setengan buah
Bleng (garam bleng) sepuluh sendok makan
Air kapur sirih 2 sendok makan.

CARA MEMASAK LOPIS


Pertama-tama beras ketan dicuci dan direndam selama satu malam penuh agar mengembang.
Kemudian dicuci dengan air kapur sirih, lalu bilas dan ditiriskan (berwarna kekuning kuningan), lalu campur dengan bleng.
Selanjutnya beras ketan di dibungkus dengan daun pisang dibentuk menyerupai lontong, diisi dengan padat, (untuk garis tengah dibuat kira kira 5 cm), lalu diikat dengan tali.
Bungkusan tersebut selanjutnya direbus kurang lebih selama tiga jam kemudian diangkat dan tiriskan.
Jika sudah dingin, potonglah bulat bulat tebalnya hingga kurang lebih setengah sentimeter.
Kue lopis siap dihidangkan diatas piring / wadah datar yang diatasnya diberi sirup kinca (juruh).

MEMBUAT JURUH / SIRUP KINCA UNTUK LOPIS


Siapkan bahan untuk membuat sirup :
- Gula merah secukupnya
- Daun pandan
Cara memasaknya ialah dengan direbus, agar menjadi kental untuk disiramkan diatas lopis yang sebelumnya disaring terlebih dahulu.

Itulah resep dan cara membuat kue lopis paling mudah dan sederhana. Dengan membuat lopis kita juga ikut melestarikan budaya kuliner tradisional Indonesia yang sedikit sudah tergeser dengan kehadiran kue kue modern dari budaya negeri lain. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Related

Tata Boga 8681269311725647357
item