CARA MEMBUAT SAMBAL PETIS ENAK & MUDAH

Cara membuat sambal petis - Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, termasuk kekayaan kuliner. Ada ribuan jenis masakan yang ada di ...




Cara membuat sambal petis - Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, termasuk kekayaan kuliner. Ada ribuan jenis masakan yang ada di Indonesia dari sabang sampai merauke. Untuk sambal saja, Indonesia juga memiliki banyak jenis sambal. Ada sambal pecel, sambal bajak, sambal kalasan, dan Salah satunya yang paling populer adalah sambal petis. Sambal petis biasa disajikan dengan aneka gorengan.

Sebenarnya cara membuat sambal petis tidaklah sulit bahkan bisa dibilang sangat mudah sekali. Rasa petis yang khas membuat sambal petis sangat cocok dihidangkan untuk menemani hari santai anda dalam mengkonsumsi makanan ringan khususnya makanan yang digoreng. Ini bahan bahan yang digunakan untuk membuat sambal petis.

Bahan bahan : 
1 ons petis (istimewa)
1/2 buah kelapa
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah cabai merah
1 cangkir panas
1 cangkir air asam
1 iris lengkuas
1 batang serai
2 lembar daun jeruk purut
 minyak goreng, gula terasi secukupnya

Cara membuatnya : 
Parut kelapa jadikan 1 gelas santan kental. Cabai merah dibuang isinya, diiris tipis-tipis Bawang merah, bawang putih dikupas kulitnya, ditumbuk ber¬sama lengkuas dan terasi sampai halus. Kemudian gorging de¬ngan mentegaptau minyak gorging secukupnya. Bila bumbu hampir matang, tuangkan air panas, air panas dan irisan cabal merah, aduk sampai merata. Masukkan petis biarkan sampai hancur, aduk baru dimasukkan daun jeruk purut dan serai. Kemudian tuangkan santan, aduk dengan sempurna, masak terus sampai keluar minyaknya. Angkat.

Hidangkan sambal goreng petis dengan disertakan tahu goreng, ikan bandeng goreng, atau apa saja sesuai selera Anda masing masing. Cukup mudah bukan Cara membuat sambal petis ini ? Sekian dan selamat mencoba :)


Related

Resep Masakan 7147311101532256396
item