CARA MEMBUAT PECEL (BUMBU PECEL, SAMBEL PECEL & SAYUR) LENGKAP

Ingin tahu cara membuat pecel yang enak dan gurih   ? Nasi pecel merupakan sebuah jenis masakan tradisional yang telah ada sejak dulu. Hamp...




Ingin tahu cara membuat pecel yang enak dan gurih  ? Nasi pecel merupakan sebuah jenis masakan tradisional yang telah ada sejak dulu. Hampir semua daerah dijawa timur terdapat pecel dengan ciri khas dan rasa masing masing. Contoh daerah di Jawa Timur yang dikenal dengan kelezatan pecelnya adalah kota Madiun. Ada juga varian pecel yang menggunakan daging ayam atau ikan misalnya pecel lele dan juga pecel ayam.

Penyajian pecel biasaya dengan menggunakan nasi putih dan juga sayur sayuran hijau yang disiram dengan sambel pecel. Bahan untuk membuat sambel pecel adalah murni kacang tanah yang digoreng terlebih dahulu kemudian dihaluskan dengan berbagai bumbu rempah rempah yang menjadikan sambal pecel sedap dan gurih. Nah, bagi Anda yang belum pernah membuat pecel, dan ingin coba memuat pecel sendiri simak resep pecel berikut.


MEMBUAT BUMBU PECEL


Untuk membuat bumbu sambal pecel siapkan bahan dan bumbu berikut ini :
Bumbu:
2 mangkuk kacang tanah
3 siung bawang putih
1 potong kencur
1 lembar daun jeruk purut
cabe merah sesuai selera
asam,
gula (gula jawa),
garam,
sedikit terasi
dan vitsin secukupnya

CARA MEMBUAT SAMBAL PECEL


Sedangkan untuk membuat sambalnya adalah sebagai berikut :
Goreng Kacang tanah sampai matang kemudian ditumbuk sampai halus, gunakan alat penumbuk, lebih baik tidak menggunakan blender agar kacang tidak terlalu hancur. Kemudian semua bumbu¬bumbu dihaluskan terpisah / tersendiri. Apabila semuanya baik kacang dan bumbu sudah selesai (ditumbuk halus) barulah dicampur kemudian ditumbuk lagi secara bersamaan jadi satu sampai benar benar tercampur dan halus.


Setelah sambal pecel selesai dibuat kini saatnya untuk memasak sayuran yang digunakan untuk pecel, anda bisa menggunakan sayur apa saja sesuai selera, karena segala macam sayuran dapat digunakan, misalnya : bayam, kangkung, kobis, kacang panjang, taoge, sawi, lembayung, daun singkong, daun kates, dan lain sebagainya. Ini bisa disesuaikan menurut selera anda. Cukup rebus sayur sayuran tersebut hingga matang.

MENGHIDANGKAN PECEL


Yang terakhir adalah menghidangkan pecel. Pertama ambil beberapa bagian sambal pecel kemudian taruh dalam mangkuk dan beri air panas / dingin matang untuk mengencerkan pecel. Setelah pecel sedikit encer, siapkan sayuran didalam satu wadah (piring) sesuai porsi yang diinginkan, dan guyurkan pecel diatas sayuran tersebut.


Nah begitulah cara membuat pecel bumbu pecel, sambel pecer & sayurnya. Agar pecel terlihat lebih cantik dan terasa lebih segar, Anda bisa menambahkan potongan kecil timun, sedikit daun kemangi, atau peyek, tempe goreng, mendol terserah Anda. Dan jika ingin membuat pecel lele, cukup goreng ikan lele dan tambahkan diatas siraman pecel. Selamat mencoba.


Related

Resep Masakan 427971930032019248
item