CARA MEMBUAT MENDOL TEMPE (PERKEDEL TEMPE) KHAS MALANG

Sudah pernah mencoba mendol tempe ? Mendol adalah jenis makanan yang biasanya berbentuk bulat atau lonjong digunakan untuk lauk yang terbu...




Sudah pernah mencoba mendol tempe ? Mendol adalah jenis makanan yang biasanya berbentuk bulat atau lonjong digunakan untuk lauk yang terbuat dari tempe kedelai. Pembuatan mendol sebenarnya cukup sederhana campuran tempe dan bumbu cukup dibentuk lonjong atau bulat kemudian digoreng. Anda bisa menambahkan cabe untuk menciptakan rasa pedas pada mendol.

Tempe merupakan bahan makanan yang murah meriah namun bergizi tinggi, pengolahan makanan yang menggunakan bahan dasar tempe juga sangat bervariasi, mulai dari kering tempe, botok tempe, keripik tempe, dll termasuk juga mendol atau perkedel tempe.

Membuat mendol pun tak harus memakai tempe bagus, anda juga bisa menggunakan tempe buki (busuk). Agar menambah rasa segar pada mendol, anda bisa menambahkan daun jeruk purut sebagai bumbunya. Jika ingin tahu dan mencoba resep serta cara membuat mendol, simak tips berikut :


BAHAN & BUMBU UNTUK MEMBUAT MENDOL


Bahan :
5 potong tempe kedelai berukuran sedang
minyak goreng secukupnya

Bumbu bumbu :
3 siung bawang putih
1 potong kencur
1 lembar daun jeruk purut
2 buah cabe merah cabe rawit menurut selera
garam dan vitsin secukupnya

CARA MEMBUAT MENDOL TEMPE


Sedangkan cara memasak mendol adalah sebagai berikut :
Haluskan semua bumbu dari bawang putih, kencur, daun jeruk, cabe, vitsin dan garam. Kemudian tempenya diiris iris / dipotong kecil-kecil, selanjutnya tempe dihaluskan pula bersama dengan bumbu hingga halus benar. Kemudian tempe yang sudah tercampur dengan bumbu tersebut dibentuk lonjong atau bulat sesuai selera, kemudian di goreng hingga masak.

Begitulah cara membuat mendol yang mudah. Mendol biasanya disajikan untuk lauk sebagai pengganti tahu goreng, tempe goreng, perkedel kentang, atau dadar jagung. Semoga bermanfaat.


Related

Resep Masakan 9191033642497699741
item