CARA MEMBUAT KUE BOLU GULUNG ROULADE BISKUIT YANG BENAR

Resep dan cara membuat kue bolu gulung atau roulade biskuit. Jika membahas tentang kue tentu tidak akan pernah ada habisnya, apalagi kue ...




Resep dan cara membuat kue bolu gulung atau roulade biskuit. Jika membahas tentang kue tentu tidak akan pernah ada habisnya, apalagi kue bolu yang sering kita jumpai dengan aneka macamnya terutama bolu gulung atau roulade biskuit. Kue bolu gulung sangat banyak disukai oleh siapapun karena rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut ditambah dengan rasa krim mentega (buttercream) yang dibuat beraneka rasa.

Cara membuat kue bolu gulung ini sama dengan membuat cake, namun bolu gulung dibuat lebih tipis agar mudah digulung. Komposisi dalam membuat bolu gulung berbeda dengan membuat cake, pada bolu gulung komposisinya khusus agar diperoleh bolu dengan tekstur lebi lentur dan lembut.

Nah, apakah anda sudah mulai terinspirasi untuk membuatnya sendiri dirumah? Sebelum anda mulai meracik dan memulai proses pembuatan bolu gulung ini, berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu.

RESEP DAN BAHAN UNTUK MEMBUAT BOLU GULUNG

• Gula pasir 50 gram
• Kuning telur 4 butir
• Tepung terigu 25 gram
• Vanili ¼ sendok teh
• Cokelat bubuk 20 gram
• Margarin 80 gram
• Buttercream secukupnya

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT KUE BOLU GULUNG

1. Kocok gula pasir, kuning telur, dan vanili hingga mengental dan mengembang, kemudian masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk, aduk hingga merata.
2. Tambahkan margarin yang telah dilelehkan terlebih dahulu sedikit demi sedikit agar mudah tercampur rata, sambil tetap aduk hingga rata.
3. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah diolesi mentega, kemudian panggang dalam oven dengan suhu 180 hingga 200 derajat.
4. Setelah adonan matang, letakkan diatas kertas roti, olesi dengan buttercream atau selai kemudian gulung.
5. Untuk menyajikannya potong-potonglah sesuai selera.

HAL HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MEMBUAT BOLU GULUNG

  • Pada saat pencampuran tepung pada adonan telur tidak perlu menggunakan mixer, cukup diaduk dengan menggunakan spatula ataupun sendok.
  • Pada saat penambahan margarin cair, tuangkanlah sedikit demi sedikit agar memudahkan pengadukan dan dapat tercampur rata, karena apabila dituangkan sekaligus sering kali margarin tidak tercampur rata.
  • Apabila bolu gulung menggunakan olesan selai bisa dilakukan segera setelah bolu matang dan masih panas, sedangkan bila menggunakan olesan buttercream tentu harus menunggu hingga bolu dingin. Agar bolu gulung melekat dengan sempurna, setelah bolu diberi olesan dan digulung sabaiknya tetap dibungkus dengan kertas roti kemudian simpan dalam lemari es selama kurang lebih 1 jam. Sehingga pada saat disajikan gulunganya sudah melekat dengan sempurna dan tidak lepas.

Perhatikan juga temperatur oven saat memanggang, karena bolu dibuat tipis sehingga tidak dibutuhkan waktu lama untuk memanggangnya kira-kira 10-15 menit saja. Jika bolu dibuat dengan ketebalan kurang lebih 2 cm sebaiknya gunakan temperatur 200 derajat celcius. Bila bolu dibuat agak tipis (setebal 1 cm) gunakan temperatur 180 derajat celcius. Karena kunci sukses dalam cara membuat kue bolu gulung adalah pada pengovenan ini, suhu harus tepat begitu juga jangka waktunya.


Related

Tata Boga 5986022241849082383
item