CARA MEMBUAT KERIPIK PISANG MANIS DAN RENYAH

Resep dan cara membuat keripik pisang berikut ini adalah sebuah tips bagi Anda yang ingin membuat camilan keripik dari olahan buah pisang...




Resep dan cara membuat keripik pisang berikut ini adalah sebuah tips bagi Anda yang ingin membuat camilan keripik dari olahan buah pisang. Banyak sekali produk yang dapat dihasilkan dari olahan pisang, sperti keripik, dan aneka kue. Karena pisang memiliki kandungan gizi yang sangat baik dan bahkan lebih tinggi dari apel. Pisang kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Selain itu kandungan vitamin pada buah pisang antara lain vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Buah pisang adalah buah yang sangat populer bagi masyarakat indonesia. Pisang berdasarkan cara konsumsi buahnya dapat dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu:

  • Pisang meja (dessert banana), dikonsumsi dalam bentuk buah segar setelah buahnya matang seperti pisang ambon,pisang susu, pisang raja. 
  • Pisang olah (cooking banana), dikonsumsi setelah diolah terlebih dahulu baik dengan cara digoreng, direbus, maupun dibakar contohnya pisang kepok, pisang kapas, tanduk, dan uli.

Salah satu olahan dari buah pisang yang paling populer dan tersebar terutama di pulau jawa dan sekitarnya adalah keripik pisang. Keripik pisang yaitu makanan yang terbuat dari pisang yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tambahan gula. Jajanan ini biasanya disajikan sebagai kudapan saat bersantai bersama keluarga maupun sajian dalam acara tertentu. Keripik pisang yang enak dan renyah ditentukan oleh pemilihan pisang sebagai bahan baku dan cara mengirisnya. Penambahan sedikit kunyit akan menghasilkan warna keripik yang menarik dan cantik yaitu kekuning-kuningan. Pisang yang digunakan untuk membuat keripik pisang biasanya adalah pisang yang kulitnya masih berwarna hijau dan buahnya agak keras dengan ukuran yang cukup besar untuk memudahkan saat mengiris. Setelah pisang dikupas lalu diiris tipis-tipis, biasanya menggunakan alat khusus agar menghasilkan ketebalan yang sama.

Dalam artikel kali ini, akan di bahas cara membuat keripik pisang, siapa tahu anda sedang ingin belajar membuat keripik pisang ini dirumah. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan dan langkah-langkah untuk membuatnya.

RESEP & BAHAN UNTUK MEMBUAT KERIPIK PISANG

• Pisang
• Minyak goreng
• Air gula jawa

CARA MEMBUAT KERIPIK PISANG

1. Ambil pisang ambon atau pisang raja, atau pisang kepok yang setengah masak, karena bila terlalu masak akan empuk/gembur sehingga susah untuk di iris.
2. Kupas kulit pisang kemudian iris tipis-tipis, kemudian dicelupkan dengan air gula jawa.
3. Jemur irisan pisang hingga kering, lalu gorenglah hingga berwarna golden brown.
4. Keripik pisang siap dihidangkan.

Cara membuat keripik pisang ini sangatlah mudah, namun biasanya kesulitannya yaitu pemilihan pisang sebagai bahan baku karena apabila terlalu masak maka akan cenderung benyek dan sulit untuk diiris dan keripik yang dihasilkan juga lembek. Untuk membuat keripik pisang yang enak biasanya menggunakan jenis pisang nangka yang harganya relatif mahal dipasaran karena banyak digunakan untuk aneka makanan seperti kolak, pisang goreng, pisang molen dan aneka kue.


Related

Tata Boga 1683780949169645861
item