CARA MEMBUAT RAWON & BAHAN BAHAN UNTUK MEMBUAT RAWON

Cara membuat rawon - Rawon merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang sangat dipopuler di berbagai tempat hampir diseluruh Nusantara...




Cara membuat rawon - Rawon merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang sangat dipopuler di berbagai tempat hampir diseluruh Nusantara. Rawon adalah makanan berkuah yang berbahan dasar daging sapi. Rasa rawon yang khas juga cukup bisa menambah nafsu makan, konon rasa rawon tersebut ada yang berasal dari Biji kluwak yang digunakan untuk pembuatan Rawon, selain untuk Rawon biji kluwak biasa juga digunakan untuk membuat aneka ragam masakan masakan populer seperti Brongkos, Sup Konro, Pepesan, dan masakan masakan lain.

Rawon biasa disajikan panas panas dengan nasi putih, dibeberapa tempat rawon juga biasa disajikan menggunakan sambal uleg pedas yang dicampur dengan tauge / kecambah kacang hijau. Selain untuk menimbulkan rasa pedas dalam sambal, penambahan kecambah juga diyakini bisa menyegarkan rasa rawon itu sendiri. Dalam proses pembuatan rawon, ditambahkanlah pula berbagai bumbu rempah yang bisa melezatkan kuah rawon seperti jahe, kunyit, laos, ketumbar batang serai dan beberapa bumbu rempah lainnya.


Nah bagi Anda yang belum pernah membuat rawon, dan ingin mencoba membuat masakan rawon sendiri dirumah, berikut ini blog caramembuatmu memberikan resep rawon yang mudah dipraktekkan. Sebelumnya siapkan dahulu bahan bahan yang diperlukan.

BAHAN BAHAN UNTUK MEMBUAT RAWON


Bahan :
1/2 kg daging (rawonan)
2 buah labu siam (manisah)

Bumbu:
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 iris laos
sedikit kunyit/kunir
1 sendok teh ketumbar
1 iris jahe
1 lembar daun jeruk purut
2 biji klwuak
1 batang sereh
garam dan vitsin

CARA MEMBUAT RAWON


Pertama daging direbus dan dipotong empat persegi.
Kedua, labu siam dikupas dan dipotong seperti daging.
Selanjutnya bumbu-bumbu termasuk keluak dihaluskan kecuali laos, daun jeruk purut dan sereh.
Lalu bawang merah dipotong¬potong kemudian ditumis.
Masukkan daging dan juga labu siam, tunggu sampai mendidih kemudian tuangkan air kaldu daging.
Tunggu sampai masak dan jangan lupa bubuhkan vitsin.

Itulah cara membuat rawon & bahan untuk membuat rawon. Sebagai bahan pelengkap dalam penyajian, anda bisa menambahkan potongan telur asin, jeruk nipis, daun kemangi, potongan tomat atau apa saja menurut selera. Rawon ini lebih baik dihidangkan panas panas dengan sambal yang dicampur dengan kecambah, selamat mencoba :)


Related

Resep Masakan 2941196896026869408
item