CARA MEMBUAT PEPES IKAN TONGKOL BUMBU KLUWAK

Ingin membuat pepes tongkol enak bumbu kluwak ? Ya.. resep pepes kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat pepes tongkol bumbu ...




Ingin membuat pepes tongkol enak bumbu kluwak ? Ya.. resep pepes kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat pepes tongkol bumbu kluwak. Kluwak atau yang biasa disebut dengan kepayang atau pucung merupakan sejenis bumbu yang berkulit cangkang keras dan bahan yang digunakan adalah bijinya. Untuk memecahkan kulit luar kluwak Anda bisa menggunakan batu ataupun palu. Namun tahukah anda manfaat dari kluwak itu sendiri ? Kluwak bersifat antiseptik dan memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh seperti Vit C, ION Besi (zat besi), Betakaroten, dll.

Kandungan sianida pada biji kluwak juga bisa digunakan untuk mengawetkan ikan. Walaupun biji kluwak mengandung sianida yang sifatnya beracun, kandungan sianida dalam kluwak tidaklah banyak dan tidak masalah jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit atau sekedar dicicipi. Nah untuk menghilangkan kandungan sianida dalam biji kluwak lebih baik direbus dahulu sebelum digunakan untuk membuat pepes tongkol bumbu kluwak atau makanan makanan lain yang menggunakan bumbu biji kluwak.



RESEP PEPES TONGKOL BUMBU KLUWAK


Bahan :
1 ekor ikan tongkol sedang
1 buah kelapa muda
1 buah cabai merah
1 buah kluwak
1 iris kencur
1/4 sendok makan gula
3 siung bawang putih,
terasi,
garam secukupnya

CARA MEMBUAT PEPES TONGKOL BUMBU KLUWAK


Cara untuk membuat pepes ikan tongkol adalah sebagai berikut :
Pertama Ikan tongkol disuir-suir seperti dibuat abon. Selanjutnya kelapa diparut seperti biasa.
Kluwak dipecah lalu diambil isinya / bijinya.
Cabai merah dibuang isinya, kemudian ken¬cur, dicuci.
Kluwak, cabai merah, kencur, bawang putih, gula, terasi, garam secukupnya, ditumbuk sampai halus.

Campurkan Bumbu yang telah dihaluskan dengan parutan kelapa dan suiran daging tongkol, aduk sampai rata, tumbuk (gerus) sekali lagi agar bumbunya semakin meresap. Selanjutnya adonan ini dibungkus dengan daun pisang, jadikan beberapa bagian menurut selera. Lalu dikukus sampai matang, angkat. Kemudian dipanggang di atas api kecil tapi ingat jangan sampai hangus.

Selain untuk dibuat pepes tongkol bumbu kluwak, kluwak biasa juga digunakan untuk bahan membuat rawon, brongkos, dan juga sup terkenal dari makasar sup konro, sebuah sop lezat yang terbuat dari daging sapi. Cara penyajiannya pun cukup unik yaitu dengan tulangnya.


Related

Resep Masakan 6526233050422532202
item