CARA MEMBUAT SAYUR ASEM KOMPLIT - PANDUAN MEMASAK LENGKAP

Ingin membuat sayur asam komplit ? Sayur asem atau yang biasa kita kenal dengan sayur asam adalah jenis masakan yang dibuat dari berbagai...




Ingin membuat sayur asam komplit ? Sayur asem atau yang biasa kita kenal dengan sayur asam adalah jenis masakan yang dibuat dari berbagai jenis sayuran seperti jagung muda, kacang panjang, melinjo dan lain lain. Kuah dalam pembuatan sayur asem tidak menggunakan santan pada umumnya seperti sayur lodeh, tetapi sayur asam hanya menggunakan air sebagai kuah, walaupun hanya dengan air bumbu bumbu yang digunakan juga bervariasi sehingga kuah memiliki rasa yang yummy.

Sayur asam cocok dikonsumsi pada siang hari atau digunakan untuk sarapan karena sayuran ini sangat segar bila dikonsumsi pada cuaca panas. Bila ingin membuat sayur asam sendiri khususnya menu sayur asam jakarta, siapkan dahulu bumbu dan bahan yang diperlukan.


BAHAN & BUMBU SAYUR ASAM


Bahan :
½ mangkok kacang panjang
½ mangkok daun melinjo
¼ mangkok biji/buah melinjo
¼ mangkok kacang merah
¼ mangkok jagung muda
¼ mangkok labu
 2 mangkok air

Bumbu :
2 buah cabe merah dibelah
2 sendok makan irisan bawang merah
2 siung bawang putih
3 biji kemiri
1-2 lembar daun salam
sepotong laos
garam dan vitsin secukupnya

CARA MEMASAK SAYUR ASAM


Cara memasak sayur asam adalah sebagai berikut : Air didihkan bersama jagung muda, kacang panjang dan biji me¬linjo yang dikupas kulitnya. Masukkan irisan bawang merah, bawang putih (dipukul-pukul), cabe merah, kemiri (dihaluskan), laos dan daun salam. Bila kacang merah sudah menjadi lembek, masukkan sayuran lainnya. Sebelum diangkat masukkan garam dan vitsin.

Begitulah cara membuat sayur asam komplit. Sayur asam cocok disajikan bersama dengan nasi putih hangat. Bila anda suka pedas, anda juga bisa menambahkan sambal tomat, atau sambal bajak dimeja makan. Semoga bermanfaat.


Related

Resep Masakan 7126929926753218372
item