CARA MEMBUAT SAYUR LODEH NANGKA MUDA / TEWEL KOMPLIT TERMUDAH

Ingin tahu cara membuat sayur lodeh nangka muda yang paling mudah dan praktis ? Nangka muda atau biasa juga disebut dengan nama lain tewel ...




Ingin tahu cara membuat sayur lodeh nangka muda yang paling mudah dan praktis ? Nangka muda atau biasa juga disebut dengan nama lain tewel atau gori bisa diolah menjadi sayur lodeh yang nikmat dan sedap. Sebagai kuahnya, kita bisa menggunakan santan kelapa. Namun, agar sayur lodeh tidak terlihat monoton, anda bisa menambahkan bahan bahan atau sayuran lain, misalnya terong, kacang panjang, tahu, tempe atau sayuran apapun yang diinginkan. Jika sudah dimasak, mungkin akan sedikit sulit membedakan dengan sayur lodeh kluwih karena nangka muda dan kluwih memiliki tekstur yang mirip.

Untuk membuat sayur lodeh yang enak dan gurih diperlukan racikan dan takaran bumbu yang pas serta tepat, karena bumbu bumbu dapur yang digunakan akan mempengaruhi cita rasa suatu masakan termasuk sayur lodeh nangka muda ini. Cara memasaknya pun juga hampir sama dengan sayur sayur lodeh lain, seperti sayur lodeh rebung, sayur lodeh labu siam, dan sayur lodeh yang lain.

Sebelum memulai membuat sayur lodeh nangka mudah / tewel, silahkan persiapkan terlebih dahulu bahan bahan dan bumbu bumbu yang diperlukan seperti :

BAHAN SAYUR LODEH


1 mangkok nangka muda (gori/tewel)
1/2 mangkok bahan tambahan yang terdiri dari
  • Daun melinjo yang masih muda (daun so)
  • Kacang panjang 
  • Terong
  • Kroto (Melinjo yang masih muda) 
2 mangkok santan kental dari kelapa tua.

BUMBU BUMBU


1 sendok teh ketumbar
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
3 biji kemiri
1 potong saos
1 lembar daun salam
garam dan juga vitsin

CARA MEMASAK SAYUR LODEH


Masaklah air sampai mendidih, sementara potonglah nangka muda menurut selera. Bila air sudah mendidih, masukkan nangka muda tadi dan biarkan sampai lunak. Kemudian, buang airnya dan masukkan kacang panjang yang telah dipotong-potong, juga daun so. Bila kacang sudah lunak, barulah masukkan bumbu-bumbu yang sudah dilumat¬kan/dihaluskan. Biarkan sampai mendidih lagi, lalu tuangkan santan dan vitsin. Biarkan sampai masak.

Begitulah cara membuat sayur lodeh nangka muda yang paling mudah. Daun so atau daun melinjo yang masih mudah merupakan sayur yang tidak baik dikonsumsi oleh penderita penyakit darah tinggi, sehingga anda bisa mengganti bahan / sayur tersebut dengan bahan lain. Semoga bermanfaat.


Related

Resep Masakan 9199692105461901467
item