RESEP SAYUR LODEH KLUWIH YANG ENAK DAN PRAKTIS

Kluwih merupakan sejenis tanaman (buah) yang memiliki kulit berduri dan keras namun didalamnya lunak. Kulit buah ini mirip dengan sukun dan...




Kluwih merupakan sejenis tanaman (buah) yang memiliki kulit berduri dan keras namun didalamnya lunak. Kulit buah ini mirip dengan sukun dan juga nangka. Kluwih bisa diolah menjadi masakan yang enak, bahkan dibeberapa daerah di Indonesia, kluwih juga diolah menjadi keripik. Apakah Anda sudah mencoba membuat masakan sayur lodeh kluwih ?

Sayur lodeh kluwih ini merupakan makanan yang syarat akan gizi karena mengandung banyak serat dan lemak yang bagus dan diperlukan oleh tubuh. Anda juga bisa menambahkan tetelan daging agar gizi yang terkandung dalam masakan ini semakin lengkap. Jika Anda ingin mencoba membuat sayur lodeh kluwih, simak resep lodeh kluwih berikut ini :


BAHAN & BUMBU LODEH KLUWIH


Bahan :
1 buah kluwih
1 ons daging tetalan
1/2 buah kelapa
1 balok tempe agak masam

Bumbu :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
5 buah cabal merah
5 buah cabai hijau
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok makan gula merah
sedikit terasi,
garam secukupnya

CARA MEMASAK LODEH KLUWIH


Kupas buah kluwih, cuci, potong-potong kasar, rebus, tiriskan. Kelapa diparut, jadikan 2 gelas santan kental. Cuci daging tetelan, rebus, diiris-iris kecil masukkan kembali ke dalam air kaldu.Cabai merah, cabai hijau dibuang isinya, cuci, diiris-iris serong Tempe diiris-iris balok kecil.Semua bumbu lainnya ditumbuk halus, lalu direbus dalam kaldu bersama irisan tempe, didihkan. Masukkan potongan kluwih dan tuangkan santan kental, aduk¬aduk terus agar santan tidak pecah. Masak terus hingga semuanya matang.

Itulah resep sayur lodeh kluwih yang enak serta cara memasaknya mudah dan praktis. Buah kluwih juga memiliki nama lokal yang berbeda beda disetiap daerah, misalnya di Sunda, buah ini disebut dengan nama kulur atau timbul.


Related

Resep Masakan 5689263872782614692
item