RESEP & CARA MEMBUAT LEPET TRADISIONAL PALING MUDAH

Cara membuat lepet - Lepet merupakan makanan tradisional Indonesia (khususnya pulau jawa) yang terbuat dari dari beras ketan dan biasanya ...




Cara membuat lepet - Lepet merupakan makanan tradisional Indonesia (khususnya pulau jawa) yang terbuat dari dari beras ketan dan biasanya dibungkus dengan daun kelapa muda atau yang disebut janur. Lepet biasa dijadikan cemilan atau jajanan tradisional dan biasa juga dihidangkan dalam acara acara adat atau hari besar tertentu. Jika dilihat sekilas, lepet ini mirip dengan kue lemper, tetapi perbedaan lemper dan lepet ialah dalam lemper biasa diisi dengan abon, atau irisan kecil daging ayam.

Mungkin saat ini jajanan lepet sudah jarang kita temui kalau tidak dipasar pasar tradisional, nah bagi Anda yang "nyidam" lepet. Berikut ini adalah sebuah tips dan cara memubuat lepet dengan mudah dan cepat. Tetapi sebelumnya anda harus mempersiapkan dahulu bahan bahan yang digunakan untuk membuat lepet itu sendiri.

BAHAN UNTUK MEMBUAT LEPET


Sediakan bahan bahan untuk membuat lepet seperti dibaawah ini :
  • 6 mangkok beras ketan 
  • 6 mangkok parutan kelapa setengah muda 
  • 4 mangkok kacang beras 

Sedangkan untuk Bumbu, cukup sediakan : Garam dan vitsin
Siapkan juga daun kelapa muda untuk pembungkusnya

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT LEPET


Cara memasaknya :
  • Ketan dicuci bersih dan ditiriskan. 
  • Kemudian bersama dengan kacang beras, garam dan vitsin dimasukkan ke dalam pembungkus dari daun kelapa muda (janur). 
  • Rebuslah sampai masak (+ 3 jam). 


Begitulah cara membuat lepet paling mudah. Untuk mendapatkan rasa yang enak, sajikanlah lepet hangat hangat dengan ditemani kopi atau teh manis.


Related

Tata Boga 6217315439693129007
item