CARA MEMBUAT LEMPER KETAN ISI ABON AYAM / SAPI & BAHANNYA

Lemper adalah salah satu jenis kue tradisional yang saat ini masih sangat digemari. Lemper biasanya terbuat dari bahan beras ketan dengan i...




Lemper adalah salah satu jenis kue tradisional yang saat ini masih sangat digemari. Lemper biasanya terbuat dari bahan beras ketan dengan isian yang bisa disesuaikan selera, seperti daging ayam, serundeng, abon ayam abon sapi, dll. Cara membuat lemper yang paling sering dilakukan biasanya dengan ditanak / dikukus, ada juga beberapa jenis lemper dibuat dengan cara dipanggang. Namun dalam tips membuat kue kali ini kita akan membuat lemper dengan cara ditanak.

Dalam tradisi jawa lemper dikenal sebagai salah satu jajanan pasar yang biasa disajikan dengan jajanan jajanan tradisional sejenis seperti, kue apem, nagasari, kue putu ayu, klepon, dan lain lain. Karbohidrat yang terkandung dalam bahan dasar pembuatan lemper (ketan) juga bisa mengenyangkan perut sekaligus memberikan tenaga pada tubuh. Kandungan protein dalam isian lemper juga bagus untuk kesehatan. Lemper biasa disajikan pada acara acara penting seperti pernikahan, syukuran ataupun bisa dibuat bekal untuk anak sekolah.


Berikut ini adalah bahan bahan untuk membuat kue lemper, dan cara memasak kue lemper.  Sebelumnya siapkan terlebih dahulu daun pisang muda untuk membungkus lemper.

BAHAN UNTUK MEMBUAT LEMPER


Bahan bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat lemper ini antara lain :
1. Beras ketan sebanyak 1 kilogram
2. Buah kelapa untuk dijadikan santan sebanyak setengah buah / setengah butir kelapa tua.
3. Daun pandan untuk memberi aroma wangi 1 lembar daun.
4. Abon daging ayam atau abon daging sapi
5. Garam secukupnya.
6. Daun pisang muda untuk membungkus.

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT LEMPER


1. Rendam beras ketan selama 3 jam agar sedikit mengembang.
2. Kelapa diparut dan diambil santannya dijadikan 2 gelas santan.
3. Lalu beras ketan ditanak hingga setengah masak, lalu diaru dengan santan beserta daun pandannya.
4. Tanak kembali sampai matang.
5. Apabila ketan sudah matang, cetak dengan tangan menurut takaran yang diinginkan dan berbentuk lonjong. Jangan lupa isikan abon dalam lonjongan ketan tersebut.
6. Ulangi satu persatu hingga selesai sambil dibungkung dengan daun pisang.

Itulah cara membuat lemper paling mudah dengan bahan dasar ketan dan juga isian abon. Lemper juga bisa dibuat dengan isian daging ayam matang yang dipotong kecil kecil atau biasa disebut dengan lemper ayam. Jika ingin membuat lemper ayam, cukup ganti abon daging sapi / ayam dengan daging ayam masak yang telah diiris tipis tipis.


Related

Tata Boga 1034731282457893460
item