RESEP KUE PUTU AYU DAN CARA MEMBUAT PUTU AYU




Resep kue putu ayu berikut ini adalah tips dan cara membuat putu ayu sendiri dirumah dengan sangat mudah. Kue putu adalah salah satu jenis makanan tradisional indonesia yang berupa kue basah yang tebuat dari tepung beras berisi gula jawa yang cara memasaknya dengan dikukus dan ditaburi parutan kelapa. Kue ini biasanya dikukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu dan dijual pada malam hari. Biasanya kue ini berwarna putih dan hijau.

Kue putu ada beberapa jenis antara lain kue putu ayu, kue putu ayu ketan hitam, kue putu mayang, dan awug. Namun yang akan kita bahas dalam artikel kali ini adalah cara membuat kue putu ayu.

Dulu hanya kue putu bambu saja yang banyak dikenal masyarakat, namun pada saat ini banyak juga kita jumpai kue putu ayu. Karena kue putu bambu hanya dijual pada malam hari saja, sedangkan kue putu ayu bisa bertahan lebih lama sehingga banyak dijual di toko kue, pasar, maupun pedagang kaki lima. Kue putu ayu tidak dicetak atau dikukus menggunakan bambu melainkan menggunkan cetakan yang berbentuk seperti bunga. Tekstur dan rasanya juga berbeda dengan putu bambu yang lebih "kepyar" karena terbuat dari tepung beras. Sedangkan putu ayu lebih halus dan menyatu seperti tekstur kue bolu karena dibuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan, namun ada juga yang menggunakan tepung terigu.

Kue putu ayu merupakan kue tradisional yang hingga saat ini masih menjadi kudapan nikmat dan populer. Kue ini memiliki tampilan yang cantik, tekstur yang lembut, dan rasa yang manis sebagai ciri khasnya. Kue ini sangat mudah didapatkan baik di toko, pasar, maupun gerobak pinggir jalan.

Cara membuat kue putu ayu ini dapat dikatakan sangat mudah sekali. Jika bahan-bahan untuk membuat kue putu ayu ini tersedia di kulkas rumah anda alangkah baiknya bila mencoba membuat sendiri untuk hidangan petang ini sebagai kudapan saat menonton TV ataupun berkumpul bersama keluarga. Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuatnya.

BAHAN DAN RESEP


Telur ayam 5 butir
• Gula pasir ½ kg
• Tepung terigu ¼ kg
• Kelapa 1 butir
• Garam secukupnya
• Pewarna makanan secukupnya
• Air kelapa secukupnya
• Daun pandan secukupnya

CARA MEMBUAT


1. Kocok gula pasir dan telur ayam hingga mengembang sempurna.
2. Kemudian masukkan tepung terigu, dan air kelapake dalam adonan tersebut sambil terus dikocok hingga tercampur rata.
3. Masukkan pewarna, garam, dan daun pandan tetap aduk hingga merata.
4. Siapkan panci atau dandang untuk mengukus, tunggu air sampai mendidih.
5. Siapkan cetakan kue putu ayu dan diolesi permukaannya dengan sedikit minyak agar tidak lengket.
6. Masukkan parutan kelapa kedalam cetakan sambil ditekan-tekan.kemudian Masukkan adonan kua putu ayu ke dalam cetakan namun jangan sampai penuh.
7. kemudian kukus kurang lebih selama 20 menit. Setelah matang keluarkan kue putu ayu dari cetakan dan siap disajikan. Semoga resep kue putu ayu dan cara membuat putu ayu ini bermanfaat.


Related

Tata Boga 2585687918055086692
item