MEMBUAT MINUMAN BERKARBONASI YANG SEHAT SEJENIS SPRITE, COCA COLA, FANTA, LIMUN

Tentunya kita sudah mengenal apa itu minuman berkarbonasi . Air soda atau air berkarbonasi adalah air yang dikarbonasikan dan dibuat bersi...




Tentunya kita sudah mengenal apa itu minuman berkarbonasi. Air soda atau air berkarbonasi adalah air yang dikarbonasikan dan dibuat bersifat efervesen dengan penambahan gas karbondioksida di bawah tekanan, dan tidak memiliki kandungan alkohol. Minuman berkarbonasi ini memiliki berbagai nama populer yang berbeda-beda seperti di Amerika Serikat dikenal dengan nama soda atau tonik, atau di Inggris dikenal dengan nama fizzy drinks, dan di negara kita dikenal dengan nama Soda atau Soft drink yang tersedia dalam berbagai macam dipasaran seperti limun/ fanta/ cocacola/ sprite.

Soft drinks atau minuman berkarbonasi adalah minuman ringan dengan asumsi bahwa minuman ini memang Minuman ringan gizinya. Karena minuman ini selain kalori dan kadar gulanya yang tinggi, tidak memiliki gizi lain yang bermanfaat oleh tubuh.

Minuman berkarbonasi atau soft drinks ini banyak disukai masyarakat karena rasanya yang enak dan cukup menyegarkan serta mudah di dapatkan dimanapun dengan harga yang relatif murah. Namun,tidak banyak orang yang tahubahwa minuman berkarbonasi (soda) juga dapat membuat kecanduan karena mengandung kafein yang tinggi. Ketika seseorang telah kecanduan, maka akan meminum soda hampir setiap hari dan bahkan beberapa kali dalam sehari.Alangkah lebih baik bila mengurangi dan menghentikan kebiasaan minum soft drinks ini untuk meningkatkan kesehatan tubuh karena soft drinks tidak mengandung gizi.

Walaupun minuman berkarbonasi atau soda atau softdrink di nilai buruk untuk kesehatan, namun jika sulit menghilangkan kebiasaan meminum soda kenapa tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah sesuai dengan selera? Membuat minuman ini sendiri dijamin lebih sehat dan aman karena menggunakan bahan-bahan lain yang aman. Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat minuman soda:

BAHAN UNTUK MEMBUAT MINUMAN BERKARBONASI

• Air masak yang dingin 1 botol limun
• Gula pasir (sodium ciclamate) secukupnya
• Essense limun/fanta/cocacola/sprite 2 cc
• Pewarna makanan secukupnya
• Asam citrun (citrun zuur) 1 sendok makan
• Soda kue atau soda mineral 1 sendok makan

CARA MEMBUAT MINUMAN BERKARBONASI

1. Larutkan gula pasir kedalam air masak terlebih dahulu hingga larut dan air terasa manis.
2. Lalu tambahkan pewarna makanan dan essense limun/fanta/cocacola/sprite kedalamnya sambil diaduk agar tercampur rata.
3. Terakhir barulah tambahkan asam citrun dan soda kue ke dalam larutan diatas.
4. Apabila tidak ingin mengkonsumsi semua minuman tersebut atau menghabiskannya, pindahkanlah ke dalam botol kemudian tutup rapat untuk mencegah penguapan karbonasi sehingga kualitas minuman tetap bagus.

Walaupun rasanya tidak sama persis dengan yang ada di toko ataupun di supermarket, minuman berkarbonasi ini tetap lebih sehat karena menggunakan bahan-bahan alami dan di proses sendiri. Dan yang paling penting, tentunya dapat menambah pengetahuan dan keterampilan anda. Yang ringan dan menyegarkan belum tentu menyehatkan. Semoga bermanfaat....


Related

Tata Boga 843850966858109514
item