TIPS CARA MEMBUAT BALSEM GOSOK SENDIRI




Membuat balsem gosok bisa kita lakukan sendiri dengan mudah menggunakan 7 bahan dasar yang bisa didapatkan di apotik atau toko toko yang menjual bahan bahan kimia. Balsam / balsem merupakan bahan yang mempunyai banyak fungsi terutama untuk meredakan rasa nyeri pada otot, meredakan bengkak pada kulit karena gigitan serangga, meringankan gejala masuk angin, menghangatkan tubuh, dan lain sebagainya.

Artikel cara membuat balsem ini dirasa cukup perlu untuk menjadi bahan pelajaran bagi Anda yang ingin mencoba membuat balsem sendiri, entah itu untuk usaha rumahan, dipakai sendiri, atau hanya sekedar ingin tahu bagaimana proses balsem dibuat. Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah bahan dasar untuk membuat balsam.

BAHAN UNTUK MEMBUAT BALSEM


  • Vaselin Putih 100 gram
  • Minyak Gandapura (Gondopuro) 10 cc
  • Minyak Cengkeh 10 cc
  • Menthol Kristal 10 gram
  • Camper Kristal 10 gram
  • Stearic Acid 10 gram
  • Minyak Peppermint 5 cc

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT BALSEM


1.Panaskan Vaselin Putih sampai mencair

2.Minyak Gandapura, Minyak Cengkeh, Camper Kristal, dan Stearic Acid dilarutkan kedalam Vaselin Putih yang mencair.

4.Menthol Kristal dan Minyak Peppermint juga dimasukkan kedalam larutan diatas, tetapi cara memasukkannya harus secara berurutan.

KETERANGAN


  1. Hasil dari campuran semua bahan diatas adalah balsem putih
  2. Jika Anda ingin membuat balsem yang berwarna lain, maka tambahkan Colour Oil secukupnya (Misal : Merah, Kuning, Hijau, Abu-abu, dan lain-lain).

Demikianlah tips dan resep cara membuat balsem gosok sendiri dengan menggunakan 7 bahan dasar yang mudah didapatkan dipasaran. Balsem menjadi barang pokok yang wajib ada dalam kotak P3K/obat obatan rumah Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.


Related

Pengobatan 3547351101107829854
item