BERBAGAI MANFAAT TUMBUHAN LIDAH BUAYA BAGI MANUSIA

Manfaat tumbuhan Lidah Buaya sangatlah beragam. Tidak hanya untuk kesehatan rambut, tumbuhan lidah buaya juga mempunyai fungsi sebagai obat...




Manfaat tumbuhan Lidah Buaya sangatlah beragam. Tidak hanya untuk kesehatan rambut, tumbuhan lidah buaya juga mempunyai fungsi sebagai obat diabetes, sebagai sarana perawatan kulit, mempermudah kinerja usus, mengeluarkan sel racun dalam tubuh (detoksifikasi), dan lidah buaya juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Jika dilihat sekilas, tumbuhan yang bernama lain Aloe Vera (Aloe barbadensis Milleer) berbentuk seperti lidah buaya.

Manfaat tumbuhan lidah buaya sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai obat penyubur rambut, obat penyembuh luka dan untuk perawatan kulit. Seiring majunya zaman dan canggihnya tehnologi, pemanfaatan tanaman lidah buaya mulai berkembang sebagai bahan baku kosmetik, farmasi, dan juga sebagai makanan / minuman kesehatan. Tak heran jika tumbuhan ini menjadi salah satu tumbuhan laris yang dicari untuk dijadikan obat, dan bahan baku industri. Berdasarkan hasil penelitian, tumbuahan lidah buaya mempunyai zat-zat penting yang berguna untuk tubuh seperti enzim, vitamin, mineral, asam amino, polisakarida, dan komponen-komponen lain.

KANDUNGAN GIZI DALAM TUMBUHAN LIDAH BUAYA


Berdasarkan penelitian dalam 100 gr tumbuhan lidah buaya terdapat berbagai macam nutrisi / gizi, sebagai berikut :

  • Energi : 4 kkal
  • Protein : 0,1 gr
  • Lemak : 0,2 gr
  • Karbohidrat : 0,4 gr
  • Kalsium : 85 mg
  • Fosfor : 186 mg
  • Zat besi : 0,8 mg
  • Vitamin A : 0 IU
  • Vitamin B1 : 0,01 mg
  • Vitamin C : 0 mg
  • Bagian lidah buaya yang dapat dikonsumsi : 73 %

Sumber informasi gizi : Berbagai publikasi menteri kesehatan RI dan media - media cetak / online.

MANFAAT TUMBUHAN LIDAH BUAYA


Tumbuhan Aloevera dikenal memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat tumbuhan lidah buaya bagi manusia.

1. LIDAH BUAYA SEBAGAI OBAT ANTI KETOMBE PADA RAMBUT

Bagi Anda yang mempunyai masalah rambut khususnya rambut berketombe, gatal gatal pada kulit kepala, lidah buaya memiliki manfaat  mengurangi bahkan mengangkat ketombe. Cara pemakaiannya adalah usapkan dan tunggu kering daging lidah buaya yang berlendir sebelum melakukan keramas.

2. LIDAH BUAYA MEMPERMUDAH KINERJA USUS

Aloe lateks yang terkandung dalam tumbuhan lidah buaya sangat baik untuk membantu dan mempermudah kinerja usus. Aloe lateks sendiri mengandung senyawa antrakuinon glycosidesaloin A serta antrakuinon glycosidesaloin B.

3. LIDAH BUAYA UNTUK PERAWATAN KULIT

Lidah buaya juga mempunyai khasiat untuk menghilangkan komedo, membantu peremajaan kulit, mengobati jerawat, membantu mempercepat penyembuhan luka, penghilang bekas luka, dan berbagai manfaat lainnya untuk kulit.

4. MANFAAT MANFAAT LAIN

- Lidah Buaya Sebagai Detoksifikasi
- Lidah Buaya Sebagai Obat Diabetes
- Lidah Buaya Sebagai Obat Kekebalan Tubuh
- Lidah Buaya Sebagai Minuman dan Makanan Kesehatan

FOTO BERBAGAI JENIS TUMBUHAN LIDAH BUAYA







Demikianlah artikel mengenai Berbagai manfaat tumbuhan lidah buaya bagi manusia. Kita bisa menemukan berbagai olahan lidah buaya dipasaran baik berupa minuman makanan puding bahan kosmetik dan sebagainya. Semoga bermanfaat.


Related

Manfaat 8083096701737676173
item