BUAH BUAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT HAMIL

Buah yang harus dihindari saat hamil - Secara umum kehamilan adalah suatu proses tumbuh berkembangya janin didalam rahim ibu hingga masa pe...




Buah yang harus dihindari saat hamil - Secara umum kehamilan adalah suatu proses tumbuh berkembangya janin didalam rahim ibu hingga masa persalinan. Dalam masa kehamilan, seharusnya seorang calon ibu lebih banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk kesehatan janin dan calon bayi. Makanan yang bergizi bisa diperoleh salah satunya dari buah-buahan. Namun tidak semua buah disarankan untuk dikonsumsi saat hamil, terutama hamil muda.

Ada beberapa buah yang harus dihindari saat hamil, kebanyakan buah-buahan ini mengandung zat yang memang tidak baik untuk janin. Beberapa efek jika seorang yang tengah hamil mengkonsumsi buah-buahan ini antara lain :

  • Keguguran : Keguguran bisa terjadi saat seorang ibu tengah hamil muda.
  • Lahir prematur : Lahir prematur bisa terjadi saat seorang ibu tengah hamil tua.

BUAH YANG HARUS DIHINDARI SAAT HAMIL


Dan berikut ini adalah beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi saat kehamilan.

BUAH DURIAN

Menurut penelitian, di dalam buah Durian terkandung banyak gas, kolesterol, glukosa dan juga sedikit alkohol. Jika seseorang mengkonsumsi buah durian gas dalam perut bisa menyebabkan kontraksi. Dampak yang ditimbulkan lainnnya adalah glukosa yang bisa menyebabkan diabetes, selain itu kandungan kolesterol dan alkohol yang berlebihan diyakini cukup berdampak buruk terhadap kesehatan jantung.

Bagi wanita yang sedang hamil muda lebih baik menghindari buah durian ini, karena pada usia kehamilan trimester pertama dampak kontraksi kemungkinan akan lebih besar dan paling buruk bisa mengakibatkan keguguran pada kandungan. Sebaiknya ditahan dulu untuk mencicipi buah durian demi kesehatan dan keselamatan calon buah hati.

BUAH NANAS MUDA

Sudah dari dulu banyak orang yang mengatakan buah nanas adalah buah yang bisa menggugurkan kandungan karena buahnya yang tajam. Mitos pun berkata demikian. Tapi yang perlu digarisbawahi disini adalah tidak semua nanas memiliki efek yang sama terhadap kehamilan. Yang dimaksud disini adalah nanas muda.

Nanas muda muda berpotensi sebagai aborvitum atau sejenis obat yang dapat memperlancar haid. Bagi wanita yang hamil muda dilarang untuk mengkonsumsi nanas muda jika tidak ingin janinnya dalam bahaya. Nanas muda adalah buah yang harus dihindari saat hamil muda. Dan sebaliknya nanas yang benar-benar matang mempunya banyak gizi dan vitamin. Bila seorang ibu hamil ingin mengkonsumsi buah nanas tunggulah sampai janin berusia tua dan boleh sedikit saja mencicipinya.

BUAH PEPAYA MUDA

Pepaya muda atau pepaya mentah adalah buah yang harus dihindari saat hamil. Kandungan pepsin yang ada pada getah buah pepaya bisa menyebabkan keguguran pada usia janin yang masih muda, selain itu zat tersebut bisa menyebabkan persalinan lebih awal (prematur) jika dikonsumsi.

Sebaliknya untuk buah pepaya yang benar benar matang, boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung banyak vitamin A dan B betakarotin dan potasium yang bagus untuk tubuh. Walaupun demikian lebih baik buah pepaya matang dikonsumsi dengan porsi yang tidak berlebihan dan diimbangi dengan asupan gizi yang lain.

Demikianlah artikel sederhana tentang buah buahan yang harus dihindari saat hamil. Sebenarnya tidak ada larangan untuk mengkonsumsi buah-buahan matang asal dengan porsi yang tidak berlebihan. Namun jika Anda ragu, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter / kebidanan kandungan. Semoga bermanfaat.

Lihat juga : 6 Nutrisi penting untuk ibu hamil.


Related

Perawatan Tubuh 4583050182464196141
item