CARA MEMBUAT SABUN CUCI PIRING CAIR SEJENIS SUNLIGHT

Cara membuat sabun cuci piring merupakan sebuah tips untuk menjalankan kerajinan home industri. Cairan pencuci piring lebih banyak diken...




Cara Membuat Sabun Cuci Piring
Cara membuat sabun cuci piring merupakan sebuah tips untuk menjalankan kerajinan home industri. Cairan pencuci piring lebih banyak dikenal dengan cairan kental bening dan berwarna yang berfungsi untuk membersihkan peralatan makan seperti piring, sendok, garpu, gelas dan peralatan dapur lainnya dari kotoran dan lemak-lemak sisa makanan. Dulu, untuk mencuci piring masyarakat tradisioanal menggunakan sabut kelapa dan juga abu gosok. Namun seiring perkembangan zaman, masyarakat masa kini sudah menggunakan spons dan sabun cuci siap pakai dengan berbagai bentuk dan keunggulan masing-masing.

Sabun cuci piring berdasarkan kemampuan fisiknya ada tiga macam, yaitu: Berbentuk bubuk/serbuk, tidak banyak digunakan msekipun banyak dijual di swalayan. Berbentuk pasta, lebih populer dengan nama sabun colek. Berbentuk cairan, paling banyak digunakan karena lebih praktis dan memiliki aroma yang khas menjadikan cairan pencuci piring mempunyai nilai lebih dibanding yang lain.

Kini keberadaan sabun colek dan mulai tergeser dengan adanya cairan sabun cuci piring, walaupun keberadaan sabun colek sudah banyak digunakan jauh sebelum munculnya sabun cair pencuci piring. Sejak kemunculan cairan pencuci piring, masyarakat pun banyak yang beralih ke cairan pencuci piring dengan alasan kepraktisan, kecepatan, dan karena bentuknya yang cair maka lebih mudah larut dalam air dan menghasilkan Busa berlimpah sehingga dapat membersihkan dengan sempurna.

Begitu maraknya penggunaan cairan pencuci piring, maka penjualanya dipasaranpun sangat tinggi dikarenakan harganya yang sangat terjangkau, juga karena hasilnya dalam membersihkan kotoran terutama lemak yang menempel pada peralatan makan. Bahkan tersedia berbagai merk dan varian aroma yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Namun, hal yang tidak boleh dilupakan dalam memilih produk adalah keamanannya bagi kesehatan. Jadi, sebagai konsumen kita juga harus pandai-pandai memilih produk yang aman. Jika Anda ingin menjadi produsen berikut tipsnya.

Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat cairan pembersih piring.

BAHAN & UKURAN CAIRAN PEMBERSIH PIRING


  • Tepol 70 cc
  • Air bersih 250 cc
  • Soda Ash 25 gram
  • Natrium Clorida 15 gram
  • Pewarna makanan secukupnya
  • Bibit minyak wangi secukupnya

CARA MEMBUAT SABUN CUCI PIRING CAIR


1. Masukkan air bersih ke tempat tepol, kemudian aduk hingga rata.
2. Larutkan lagi soda ash sambil diaduk hingga bahan tersebut tercampur rata.
3. Lalu masukkan juga pewarna makanan dan bibit minyak wangi kedalam larutan air bersih dan soda ash diatas.
4. Terakhir masukkan Natrium Clorida sedikit demi sedkit kedalam larutan sambil terus diaduk walaupun pengadukan terasa berat, karena dengan diaduk terus larutan itu akan menjadi cair dan siap dipakai.

Membuat sabun cuci piring ini juga bisa dilakukan sendiri. Cairan yang di buat ini merupakan sabun yang berbentuk cair yang khusus untuk membersihkan peralatan makan dan peralatan dapur lainnya. Bahan-bahan yang dipakai juga merupakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, namun kualitas yang dihasilkan juga baik sehingga dapat membersihkan dengan sempurna. Selain itu cara membuatnya pun tidak rumit sehingga dapat dibuat oleh siapapun.


Related

Rumah Tangga 6317505255108881389
item