RESEP CARA MEMBUAT GUDEG JOGJA KOMPLIT PALING MUDAH

Resep cara membuat Gudeg Jogja tidak hanya untuk orang Jogja, tapi bisa untuk siapa saja yang ingin membuat makanan khas kota Pendidikan ...




RESEP CARA MEMBUAT GUDEG JOGJA KOMPLIT PALING MUDAH
Resep cara membuat Gudeg Jogja tidak hanya untuk orang Jogja, tapi bisa untuk siapa saja yang ingin membuat makanan khas kota Pendidikan ini. Indonesia memiliki banyak keanekaragaman baik suku, budaya, agama, bahasa, dan adat istiadat. Hal tersebut menjadikan indonesia juga mempunyai beraneka makanan khas yang berasal dari berbagai daerah. Misalnya, asinan yang merupakan makanan khas dari bogor, siomay yang merupakan makanan khas bandung, pempek yang merupakan makanan khas dari palembang dan tentu saja Gudeg.

Gudeg adalah salah satu makanan khas daerah istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari bahan dasar nangka muda (gori) dan sebagai pelengkapnya yaitu ayam kampung dan telur. Sedangkan rasa pedasnya merupakan paduan sayur tempe dan sambel krecek. Rasa gudeg yang manis dan khas membuat orang mudah ingat dengan makanan satu ini. Hampir disemua sudut kota yogyakarta kita bisa menemui masakan berbahan dasar nangka muda ini. Gudeg sering disebut-sebut sebagai ikon kota Yogyakarta, bagaimana tidak? Jika kita menyebut nama Yogyakarta pasti terlintas dalam pikiran kita adalah gudegnya.

Gudeg yang umum kita kenal adalah gudeg basah, namun ada tiga macam gudeg , yaitu :
  • Gudeg kering
  • Gudeg basah
  • Gudeg solo. 
Gudeg kering dikenal setelah orang-orang dari luar jogja mulai membawanya sebagai oleh-oleh. Nah, gudeg kering inilah yang banyak menumbuhkan home industri makanan tradisional Jogja. Bahan- bahan untuk membuat gudeg tidaklah sulit untuk ditemukan dan cara membuatnya pun juga tidak sulit. Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat gudeg Jogja :

BAHAN BAHAN UNTUK MEMBUAT GUDEG


- Daging ayam sedang :  ½ kg
- Telur : 2 butir
- Nangka muda : ½ buah
- Kelapa : 1/2 butir
- Daun jati : 3 lembar
- Bawang merah : 3 siung
- Bawang putih : 4 siung
- Ketumbar : 1 sendok teh
- Kemiri : 6 buah
- Laos : 2 potong
- Terasi :  ¼ sendok teh
- Daun salam : 3 lembar
- Garam : 1 sendok makan
- Gula merah dan vitsin : 2 sendok makan

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT GUDEG JOGJA


1. Rebuslah telur dan parutlah kelapa untuk dibuat santan.
2. Potong-potong nangka muda agak kasar, kemudian dicuci bersih dan direbus dengan daun jati agar berwarna merah dan lunak. Tiriskan dan memarkan.
3. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, terasi, garam, gula merah dan vitsin.
4. Masukkan potongan ayam dan nagka muda yang telah dimemarkan bersamaan dengan santan ke dalam panci. Masukkan daun salam dan laos beserta bumbu-bumbu yang telah dihaluskan kemudian rebus hingga santan habis.
5. Terakhir masukkan telur rebus dan tambahkan santan kental, kemudian rebus kembali hingga santan habis. Gudeg jogja siap dihidangkan bersama nasi putih. Anda bisa berkreasi sendiri untuk menyajikannya.

Contoh olahan gudeg Jogja :




Tahukah Anda ? Gudeg bukan makanan tradisional yang berasal dari dalam lingkungan keraton Yogyakarta, melainkan makanan tradisional masyarakat Yogyakarta sejak zaman penjajahan inggris. Sebab sejak dulu bahan baku gudeg yaitu nangka muda sangat mudah diperoleh dikebun-kebun milik masyarakat. Semoga tips cara membuat gudeg Jogja bermanfaat, khususnya bagi Anda yang ingin mencicipi makanan asli Indonesia ini.


Related

Resep Masakan 2553412304246739395
item