CARA MEMBUAT ES KRIM SEDERHANA - ES PUTAR

Cara membuat es krim sederhana cukup mudah dilakukan bagi Anda yang ingin mencoba membuat es krim sendiri. Karena berbahan dasar susu yan...




Cara membuat es krim sederhana cukup mudah dilakukan bagi Anda yang ingin mencoba membuat es krim sendiri. Karena berbahan dasar susu yang bergizi tingggi dan diolah secara higienis dan modern sehingga bertekstur sangat lembut. Semua orang pasti tahu dan sangat menyukai es krim baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Camilan dingin ini paling enak dinikmati ketika dalam kondisi yang terik dan panas.

Sebelum kita belajar cara membuat es krim sederhana, maka terlebih dahulu kita bahas manfaat yang terkandung dalam es krim putar. Sering kita mendengar mitos jika kita mengkonsumsi es krim akan menyebabkan gemuk. Sebenarnya es krim tidaklah membuat gemuk karena kandungan yang terdapat pada es krim hanya energi yang sangat kecil yaitu sekitar 10% dari total kebutuhan energi (per takaran saji satu cangkir). Jumlah itu termasuk kecil jadi kurang pas bila es krim disebut sebagai penyebab gemuk. Es krim ternyata justru memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti menjaga kesehatan jantung, merangsang sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan resiko terkena kanker payudara.

Ada juga mitos yang beredar bahwa es krim menyebabkan batuk pilek. Sebenarnya es krim tidak menyebabkan batuk pilek, karena ketika masuk ke mulut krim dengan segera akan meleleh. Pelelehan es krim dengan cepat disebabkan oleh pengaruh suhu tubuh, sehingga saat es krim masuk ke dalam kerongkongan suhunya sudah tidak sedingin es batu ataupun air es. (sumber : www.rumahsehatqu.com )

Es krim tradisional indonesia di sebut juga es krim putar atau es dung dung, yaitu salah satu hidangan pencuci mulut berupa es krim berbahan dasar santan sebagai pengganti susu. Es krim puter bertekstur lebih kasar dan dibekukan secara tradisional dengan sebuah alat berbentuk tabung. Cara membuat es krim tradisional yaitu campuran yang telah menjadi bahan es krim diletakkan diantara es batu yang telah dipecah dan diberi campuran garam.

BAHAN PEMBUATAN ES KRIM PUTAR


• Santan 200 cc
• Gula pasir 75 gram
• Kuning telur 1 butir
• Tepung maizena ½ sendok makan
• Tape 1 sendok makan
• Es batu secukupnya

PROSES PEMBUATAN ES PUTAR


1. Campurkan kuning telur, tepung maizena, dan tape, lalu aduk terus hingga tercampur rata.
2. Rebuslah santan dan gula pasir hingga mendidih, kemudian masukkan campuran bahan diatas ke dalam rebusan santan dan gula pasir tersebut sedikit demi sedikit.
3. Setelah itu campuran tadi di masukkan ke dalam kaleng atau termos kemudian masukkan es batu kedalam celah-celah termos bersama garam sedikit demi sedikit.
4. Termos yang berisi adonan diputar-putar hingga menggesek dan es batudan garam,apabila sebagian es dan garam sudah mencair maka masukkan lagi es dan garam dan putar terus hingga adonan menjadi beku.
5. Untuk proses pembekuan yang lebih mudah, anda bisa menggunakan kulkas / freezer.

Pada saat ini sudah sangat jarang sekali kita jumpai es krim putar ini karena keberadaannya mulai tergeser dengan adanya berbagai macam es krim modern dalam berbagai merk dan rasa di toko-toko maupun swalayan. Biasanya es krim putar dijual oleh pegadang kaki lima. Namun es krim putar ini bisa kita buat sendiri dirumah karena caranya tidaklah sulit. Semoga tips dan cara membuat es krim sederhana (es putar) ini bermanfaat.


Related

Tata Boga 5130996497368887665
item