MINYAK RAMBUT URANG ARING MENYUBURKAN RAMBUT SECARA ALAMI




Minyak rambut urang aring berasal dan dibuat dari ekstrack tumbuhan urang aring. Urang aring adalah sejenis tumbuhan liar yang terkenal kegunaannya sebagai penyubur dan penghitam rambut, namun banyak juga dikenal karena khasiatnya sebagai tumbuhan obat. Urang aring menghasilkan zat pewarna hitam (Ecliptine), sehingga cairan dari sarinya dapat digunakan untuk menghitamkan rambut dan juga membuat tato. Zat ecliptine tersebut yang berfungsi menghitamkan rambut, mendinginkan kulit kepala dan menjaga agar rambut senantiasa hitam berkilau.Pada industri kosmetik saat ini, urang aring banyak dimanfaatkan sebagai minyak rambut maupun shampo untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut.

Pada penalitian terbaru menunjukkan bahwa tumbuhan urang aring ini memiliki daya pengobatan terhadap gangguan hati dan lambung. Di beberapa tempat, urang aring ini digunakan sebagai obat luar untuk penyakit kulit seperti eksim dan kutu air, bahan dapat juga digunakan untuk mengatasi serangan hewan berbisa seperti gigitan ular dan sengatan kalajengking.

Asal usul tanaman orang aring ini masih belum diketahui dengan pasti. Namun tanaman urang aring tumbuh menyebar luas dibanyak negara di dunia, baik daerah beiklim tropis maupun sub tropis. Di Indonesia pada banyak tempat tanaman ini telah tumbuh liar dan menjadi gulma yang sangat mengganggu bagi beberapa jenis tanaman pertanian.

Urang aring ini tumbuh di tempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, tanah lapang, tepi selokan, singai, rawa sehingga sangat mudah kita jumpai. Urang aring ini memiliki kemampuan berkembang biak yang tinggi, berbunga sepanjang tahun,dan mampu menghasilkan biji sekitar 17 ribu biji per individu tumbuhan. Karena tanaman ini tumbuh secara liar sehingga penyebaran tanaman ini secara alami oleh serangga dan angin.

Ciri-ciri tanaman urang aring ini antara lain:

  • Tingginya mencapai 80 cm
  • Batang bulat pejalberwarna hijau kecoklatan namun kadang keunguan,berambut agak kasar berwarna putih
  • Daunnya berhadapan berwarna hijau berbentuk bulat telur memanjang, ujung daunnya meruncing, pinngir daun bergerigi halus atau hampir rata, kedua permukaan daun berambut dan agak terasa kasar.
  • Bunga berbentuk bongkol bunga majemuk bertangkai panjang dan berwarna putih kecil-kecil 
  • Buahnya memanjang, pipih, keras dan berbulu.

Apabila terdapat tanaman urang aring disekitar rumah anda, maka anda dapat memanfaatkannya untuk perawatan rambut anda agar subur dan hitam. Cara membuat minyak rambut urang aring ini juga sangat sederhana. Berikut adalah bahan dan cara membuatnya.

BAHAN MEMBUAT MINYAK RAMBUT URANG ARING


• Bibit minyak wangi 3 cc
• Parafin 100 cc
• Pewarna secukupnya
• Bibit orang aring secukupnya

CARA MEMBUAT MINYAK RAMBUT URANG ARING


a. Masukkan bibit minyak wangi, parafin, dan bibit orang aring kedalam baskom, kemudian aduk hingga rata.
b. Lalu masukkan pewarna sambil tetap diaduk hingga merata.
c. Untuk menyimpannya masukkan campuran diats ke dalam botol dan siap dipakai.

Demikianlah pembahasan dan penjelasan singkat tentang tanaman urang aring serta cara membuat minyak rambut urang aring ini  yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Urang aring disebut juga dengan tanaman liar segudang manfaat. Semoga bermanfaat.


Related

Perawatan Tubuh 7866131219982894228
item